PENINGKATAN KEMAMPUAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI PONPES AD-DHUHA SUKOHARJO

  • Atik Lusia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Fajar Budi Setiawan Universitas Surakarta
  • Dwinanda Ripta Ramadhan Universitas Mahakarya Asia
Kata Kunci: Kemampuan kewirausahaan, pemasaran, UMKM

Abstrak

Di Indonesia jumlah pengusaha masih terbatas dibandingkan dengan negara lain seperti Vietnam dan Malaysia sehingga perlu menghasilkan orang-orang yang mau menjadi wirausaha. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pendidikan dan keterampilan terhadap para pelajar. Pondok Pesantrean Ad-Dhuha membekali para santri dengan kemapuan kewirausahaan, para santri di ajarkan untuk memiliki unit usaha dan berjualan namun sistem penjualan yang dijalankan masih bersifat tradisional yaitu dengan berjualan secara langsung atau mendatangi ke rumah rumah warga. Hal tersebut tentunya perlu diperbaiki dengan cara pemberian pelatihan dan pendampingan kepada para santri untuk berjualan secara daring dengan memanfaatkan media sosial dan Google My Business. Dengan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan menyebarkan informasi lebih luas sehingga diharapkan para santri nantinya dapat mengelola bisnisnya sendiri.

Diterbitkan
2024-07-31