PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA FASE C SD NEGERI BOROREJO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  • Silvia Winny Arantika Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Ninda Beny Asfuri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Harbono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Slamet Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

             Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa fase C di Sekolah Dasar Negeri Bororejo Surakarta, dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa fase C di Sekolah Dasar Negeri Bororejo Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dari penelitian ini berjumlah 43 siswa. Data diperoleh melalui observasi, angket, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar dengan hasil penelitian diperoleh 0,000 < 0,05, sedangkan Thitung 4.424 > 1.683 Ttabel sehingga Ha diterima Ho ditolak. (2) Presentase bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa Fase C yaitu sebesar 32,3%. Hal ini menunjukan bahwa 32,3% dipengaruhi oleh bimbingan orang tua, sedangkan 67,8 dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini.

Kata Kunci: Bimbingan orang tua, Motivasi belajar, Siswa fase c

Published
2024-07-30