SOSIALISASI PROSEDUR PELAKSANAAN KONSELOR SEBAYA PADA MUSYAWARAH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI KOTA PALU
Abstrak
Permasalahan pengabdian ini yakni; 1) Belum optimalnya proses pelayanan bimbingan pada siswa di SMP se-Kota Palu; 2) Guru bimbingan dan konseling SMP se-Kota Palu yang belum sepenuhnya mengoptimalkan peran konselor sebaya dalam memberikan layanan bimbingan kepada siswa. Tujuan pengabdian ini guna meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kemampuan guru bimbingan dan konseling SMP di Kota Palu dalam menjalankan layanan di sekolah. Subjek pengabdian ini adalah guru BK SMP yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) se-Kota PALU. Tahapan pelaksanaan pengabdian ini melalui sosialisasi dan pendampingan. Hasil capaian pengabdian ini ialah guru dapat menerapkan, mengoptimalkan dan menjalankan pelaksanaan konselor sebaya pada siswa dalam proses pelayanan bimbingan dan konseling di Sekolah.
Referensi
Dewi, R., Supriyatna, N., & ... (2022). Pemberian Konselor Sebaya dalam Upaya Membentuk Perilaku Pencegahan Merokok pada Remaja. Journal of Telenursing …. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOTING/article/view/4245
Ginting, R. L., Asiah, A., & Nasution, M. I. S. (n.d.). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Analisis Transaksional Terhadap Interaksi Sosial Siswa Dengan Teman Sebayanya. School Education Journal …. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/16089
Hariko, R., Hanurawan, F., Ramli, M., Afdal, A., Lestari, M., Fikri, M., & Suri, G. D. (2023). Towards an Effective Agentic Group Guidance Model to Improving the Prosocial Behavior of Minangkabau Adolescents. In Journal for Re Attach Therapy and Developmental Diversities (Vol. 6, Issue 6s). https://jrtdd.com
Hartatik, H., Subari, S., Munawwaroh, F. F., & ... (2022). Kompetensi Konselor Sebaya Bagi Remaja Berbasis Keagamaan. Asas Wa Tandhim …. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/awtjhpsa/article/view/1115
Mangela, N. A., Silalahi, M. F., Arifyadi, A., & Lestari, M. (2024). Individual Counseling Empty Chair Technique on Introverted Children Self-Concept: A Single Subject Research (SSR). Journal of Gifted Studies, 1(1), 9–18.
Huang, Z. (2016). Risk Factors Associated with Peer Victimization and Bystander Behaviors among Adolescent Students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 13(8), 759.
Kurniawan, Y., & Sulistyarini, I. (2017). Terapi Kognitif Perilaku untuk Mengurangi Episode Depresi Berat dengan Gejala Psikotik. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 1(1), 65–75.
Mutmainnah, M., & Sulaiman, F. (2022). Pelatihan Konselor Sebaya untuk Merubah Perilaku Anak Maladaftif di Sekolah. MASPUL JOURNAL OF …. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/3991
Nurhayati, I., Yusandika, A. D., Basyar, S., & Anjelinar, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Novick Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 353–362.
Dewi, R., Supriyatna, N., & ... (2022). Pemberian Konselor Sebaya dalam Upaya Membentuk Perilaku Pencegahan Merokok pada Remaja. Journal of Telenursing …. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOTING/article/view/4245
Ginting, R. L., Asiah, A., & Nasution, M. I. S. (n.d.). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Analisis Transaksional Terhadap Interaksi Sosial Siswa Dengan Teman Sebayanya. School Education Journal …. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/16089
Hariko, R., Hanurawan, F., Ramli, M., Afdal, A., Lestari, M., Fikri, M., & Suri, G. D. (2023). Towards an Effective Agentic Group Guidance Model to Improving the Prosocial Behavior of Minangkabau Adolescents. In Journal for Re Attach Therapy and Developmental Diversities (Vol. 6, Issue 6s). https://jrtdd.com
Hartatik, H., Subari, S., Munawwaroh, F. F., & ... (2022). Kompetensi Konselor Sebaya Bagi Remaja Berbasis Keagamaan. Asas Wa Tandhim …. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/awtjhpsa/article/view/1115
Mangela, N. A., Silalahi, M. F., Arifyadi, A., & Lestari, M. (2024). Individual Counseling Empty Chair Technique on Introverted Children Self-Concept: A Single Subject Research (SSR). Journal of Gifted Studies, 1(1), 9–18.
Huang, Z. (2016). Risk Factors Associated with Peer Victimization and Bystander Behaviors among Adolescent Students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 13(8), 759.
Kurniawan, Y., & Sulistyarini, I. (2017). Terapi Kognitif Perilaku untuk Mengurangi Episode Depresi Berat dengan Gejala Psikotik. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 1(1), 65–75.
Mutmainnah, M., & Sulaiman, F. (2022). Pelatihan Konselor Sebaya untuk Merubah Perilaku Anak Maladaftif di Sekolah. MASPUL JOURNAL OF …. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/3991
Nurhayati, I., Yusandika, A. D., Basyar, S., & Anjelinar, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Novick Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 353–362.
Pandang, A., Rivai, M., Umar, N., & Arifyadi, A. (2022). The need analysis for developing peer mentors as peer counseling program among Gen Z. International Journal of Research In Counseling and Education, 6(2), 163–176.
Rafiola, R. H., Sari, P., Smith, M. B., & ... (2022). Pemberdayaan Konselor Sebaya Sebagai Strategi Penanganan Masalah Remaja. Jurnal Pengabdian …. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jpp/article/view/1831
Sa’diyah, E. H., & Hidayati, F. (2020). Meningkatkan kemandirian santri melalui pendampingan konseling sebaya (peer counseling). Psikoislamika. http://repository.uin-malang.ac.id/8385/
Sulmayanti, L., Mustakim, M., & Gunawan, I. M. S. (2024). Assertive Training Techniques on Students Self-Confidence. Journal of Gifted Studies, 1(2), 42–48.
Susanti, R., & Ariyati, I. (2024). The Effect of Fatherless on Children Social Development. Journal of Gifted Studies, 1(1), 27–33.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Youth Development. Sixth Edition (S. B. A. & S. Saragih, Ed.). Erlangga.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (Jilid I Ed). PT. Erlangga.
Santrock, JW. (2010). Psikologi Pendidikan. Kencana.
Saripah, I. (2010). Model Konseling Kognitif Perilaku Untuk Menanggulangi Bullying Siswa. International Confrence on Teacher Education: Join, November, 8–10.
Triana, A., & Marlina, H. (2022). Pelatihan Kader Kesehatan Remaja Pada Konselor Sebaya. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset Kepada …. http://journal.al-matani.com/index.php/arsy/article/view/271
Yuliasari, H. (2020). Pelatihan Konselor Sebaya Untuk Meningkatkan Self Awareness Terhadap Perilaku Beresiko Remaja. Jurnal Psikologi Insight Departemen …. https://pdfs.semanticscholar.org/e74c/73a5f8a7fd2245c8c222cbd94654f36a890b.pdf
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).