STRATEGI PEMASARAN UMKM DESA PARIGI

  • Nina Chairina Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Yati Muhayati Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Fawwaz Fawwaz Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Meylinda Hartati Amelianur Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Rian Aldiansyah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran krusial dalam perekonomian lokal dan nasional. Di Indonesia, dukungan pemerintah terhadap UMKM penting namun tantangan seperti keterbatasan modal, kurangnya pengetahuan dan keterampilan, akses pasar yang terbatas, kendala teknologi, dan persaingan usaha masih signifikan. Penelitian ini fokus pada efektivitas strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan dan pertumbuhan UMKM di Desa Parigi, Kecamatan Saketi, Pandeglang-Banten. Melalui seminar yang diadakan, pelaku UMKM diberikan wawasan mengenai pengembangan UMKM dan teknik pemasaran digital serta konvensional. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seminar ini sangat relevan dalam membantu UMKM mengatasi kendala operasional dan memperluas akses pasar. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, pelaku UMKM diharapkan dapat menerapkan strategi pemasaran yang lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan keinginan usaha mereka. Kegiatan ini penting untuk mendukung pengembangan UMKM dan memberikan kontribusi pada kesejahteraan ekonomi lokal. 

 

References

Anastasia, M. (2021). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru', 431.

Dkk, T. K. (2020). Seminar Dan Pelatihan Digitalisasi Sebagai Pendorong Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kelurahan Darmo Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 53.

Melifia liantifa, F. (2020). Karakteristik Wirausaha, Moda Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM. Jurnal Cahaya Mandalika, 740.

Purwanti, E. (2018). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti Vol. 5 No 9, 13.

Sholicha, N. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kec. Pacet Kab. Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1157.

Triwidatin, Y. (2022). Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Jurnal Multidisiplin Madani, 3826.

Published
2025-01-02