PENDAMPINGAN PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA PADA UMKM BUKET DAN SELEMPANG ASAGIFT.ID

  • Widiyanti Widiyanti Universitas Semarang
  • Ratna Tunungsari Universitas Semarang
  • Agus Prasetyo Universitas Semarang
Kata Kunci: Strategi Bisnis, Kinerja Usaha

Abstrak

UMKM Bouquet dan Selempang menghadapi persaingan yang kompetitif dengan semakin banyak bermunculan usaha sejenis, sehingga harus memiliki strategi yang tepat untuk diimplementasikan pada bisnis proses yang dilakukan agar bisa tetap eksis dan mampu memenangkan persaingan. UMKM harus mampu beradaptasi dan responsif terhadap perubahan pasar dan teknologi, aktif mengembangkan produk-produk mereka dan selalu berinovasi dengan lebih baik dari pesaing, menggali ide-ide kreatif, mengembangkan jaringan bisnis, dan berupaya mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk mengembangkan usaha dan berani tampil beda serta memiliki strategi dalam mengadopsi berbagai perubahan internal maupun eksternal. Metode pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pendampingan dan pelatihan tentang proses manajemen strategi bisnis yang didasarkan pada keyakinan bahwa sebuah bisnis apapun bidang usahanya mesti secara terus-menerus memonitor berbagai peristiwa dan tren baik internal maupun eksternal sehingga perubahan bisa dibuat dengan tepat pada saat dibutuhkan dan membantu mitra PKM dalam menggali lebih mendalam potensi yang dimilikinya. Pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mendampingi mitra menyelaraskan tujuan penerapan manajemen strategi dengan strategi bisnis pada usaha Bouquet dan Selempang yaitu mencapai keunggulan kompetitif, memastikan kelangsungan usaha, dan tujuan jangka panjang secara berkelanjutan. Mengorganisasi informasi kualitatif dan kuantitatif  sedemikian rupa, sehingga memungkinkan  diambilnya keputusan yang efektif dalam kondisi  ketidakpastian yang melingkupi serta meningkatkan kinerja usaha  yang memiliki hubungan erat dengan tujuan strategis, kepuasan konsumen, dan memberi kontribusi pada keberhasilan usaha.

 

Referensi

Hanyanto Widjojo (2023). Pendampingan penerapan manajemen strategi untuk meningkatkan kinerja usaha busana tenun etnik silmaa. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, p-ISSN 2599-0020, e-ISSN 2599-0012.

Primasanti, Y. (2016). Matriks Internal-Eksternal. 9, 151–162.

Ramdani, E., & Pamulang, U. (2020). Formulasi strategi korporasi dalam ketidakpastian masa depan pasca covid-19. Jurnal Akuntansi Barelang, 4(2), 17–28.

Wheelen, T. L., & Hunger, D. J. (2012). Strategic management and business policy toward global sustainability thirteenth edition.

Diterbitkan
2025-01-01
Bagian
Articles