PELATIHAN ADMINISTRASI KEUANGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SOFTSKILL ORGANISASI MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI
Abstract
Pelaksanaan pengabdian ini adalah adanya kebutuhan untuk meningkatkan kualitas administrasi keuangan serta mengembangkan softskill bagi organisasi kemahasiswaan dalam hal ini Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Hein Namotemo. Metode kegiatan yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, praktek dan pelatihan. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa Pre-test pemhaman administrasi keuangan organisasi kemahasiswaan diketahui bahwa 1 mahasiswa (5,56%) mendapatkan kategori sangat rendah, 4 mahasiswa (22,22%) mendapatkan kategori rendah, dan 3 mahasiswa (72,22%) mendapatkan kategori sedang, dan terjadi peningkatan setelah dilakukan Post-test pemahaman administrasi keuangan organisasi kemahasiswaan diketahui bahwa 3 mahasiswa (16,67%) mendapatkan kategori sedang, 10 mahasiswa (55,56%) mendapatkan kategori tinggi, dan 5 mahasiswa (27,78%) mendapatkan kategori sangat tinggi. Artinya dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini dapat mempengaruhi pengetahuan bagi pengurus untuk meningkatkan softskill administrasi keuangan organasasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi di Universitas Hein Namotemo
References
Azaluddin., Bahar, S.B., & Rahim, A. (2022). Pelatihan Administrasi Keuangan Organisasi Himpunan Mahasiswa ProgramStudi Ahwal Al-Syakhshiyah Universitas Muhammadiyah Buton. JPMIS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera. Vol. 1, No. 3, Hal. 83-89. https://doi.org/10.59059/jpmis.v1i3.35.
Abdurrahman, J. (2018). Sistem Pengelolaan Kinerja Keuangan Dan Administrasi Di Kantor Pemerintahan. Pionir Jurnal Pendidikan. Vol. 7, No. 2, Hal. 1-14. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3865/pdf
Bati., & Sahla, H. (2020). Pelatihan Administrasi Keuangan dan Manajemen Keuangan Kepada UMKM Nasabah BRI Cabang Kisaran. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.2, No.2, Hal. 120-126. http://jurnal.una.ac.id/index.php/anadara/article/view/1793
Hartono, R., Ridianto., Faridah., Purwanti, T., & Mulyadi (2022). Pelatihan Administrasi dan Keuangan pada Kelompok Keswadayan Masyarakat “Bening Sari” Di Desa Mekarsari Kecamatan Ilir Talo Kab Seluma. Jurnal Semarak Mengabdi, Vol. 1, No. 2, Hal, 1-6. https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/27
Rahmat, M., Nasution, L., Ichsan, R. N., & Ali, T.M. (2022). Pelatihan Pemahaman Administrasi Praktis Dalam Pengembangan Organisasi. Jurnal PKM Hablum Minannas, Vol.1, No.1, Hal. 31-36. https://ejournal.steitholabulilmi.ac.id/index.php/jhm/article/view/182
Rohman, A.D., Lutfiatunnisa., & Musyarofah, U. (2023). Pelatihan Administrasi Sebagai Upaya Peningkatan Tertib Administrasi dan Penguatan Softskill di Lingkungan Organisasi Kemahasiswaan FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 1, Nomor 2, Hal. 285-290. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i2.533
Copyright (c) 2023 Sahrul Hi. Posi, Suharli Manoma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).