PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN PEMBUATAN KERIPIK AMPLANG UDANG DI KELURAHAN PENTADU POHUWATO

  • Irwan Yantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Syamsul B Biki Universitas Negeri Gorontalo
  • Yusrin Hasan Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat Kelurahan Pentadu, Pohuwato, melalui pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan keripik amplang udang. Tantangan utama yang dihadapi masyarakat adalah keterbatasan pengetahuan teknis, kurangnya kemampuan dalam pengemasan produk, serta minimnya strategi pemasaran yang efektif. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan menggabungkan pelatihan teknis, praktik langsung, dan pendampingan pemasaran. Kegiatan ini melibatkan kelompok ibu-ibu, mahasiswa KKN Universitas Negeri Gorontalo, dosen pembimbing, dan aparat kelurahan setempat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta, baik dalam teknik produksi, pengemasan, maupun pemasaran. Secara ekonomi, program ini juga memberikan dampak positif, terlihat dari peningkatan produksi hingga 50% dan kenaikan pendapatan peserta hingga 30%. Produk yang dihasilkan kini memiliki kualitas yang lebih baik dan menarik konsumen lebih luas melalui pemasaran di media sosial. Keseluruhan kegiatan ini telah berhasil mencapai tujuan yang diharapkan serta membangun kepercayaan diri masyarakat untuk mengembangkan usaha secara mandiri.

References

K. H. W. K. (2024). Enhancing Sustainable Development Through Community Engagement. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(4). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i04.25621

BatuBara, I. W. S., & Nasution, A. I. L. (2023). Strategi Pengembangan dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Tanjung Leidong Melalui Pengelolahan Udang Menjadi Kerupuk Udang. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 537–542. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.281

Evi Sirait, Bagus Hari Sugiharto, Jenal Abidin, Nely Salu Padang, & Johni Eka Putra. (2024). Peran UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian di Indonesia. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7). https://doi.org/10.47467/elmal.v5i7.4160

Fitzpatrick, K. M., Montesanti, S., Verstraeten, B. S. E., Tourangeau, B., Albert, L., & Oster, R. T. (2023). Revitalizing Strong Cultural Connections and Resilience: Co-Designing a Pilot Elder-Led Mentorship Program for Indigenous Mothers in a Remote Northern Community in Alberta, Canada. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-3016905/v1

Herissuparman, E., Ismane, M. A., & Ashari, H. (2024). MSMEs and Rural Prosperity: A Study of their Influence in Indonesian Agriculture and Rural Economy. International Journal of Innovative Science and Research Technology (IJISRT), 2020–2025. https://doi.org/10.38124/ijisrt/IJISRT24JUN1227

Holt, Y. F. (2024). At the table or on the menu: Engaging the community in research. The Journal of the Acoustical Society of America, 155(3_Supplement), A74–A74. https://doi.org/10.1121/10.0026851

Kusumaningrum, A., Harjanto, S., Siswanti, S., Setiyowati, S., Purwati, M., & Vulandari, R. T. (2023). PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN DAN BRANDING UMKM DESA PENTUR KABUPATEN BOYOLALI MELALUI DIGITAL MARKETING. ABDI MAKARTI, 2(2), 145. https://doi.org/10.52353/abdimakarti.v2i2.523

Lindartono, Y. W., & Aldianto, L. (2023). From Farm to Table: Transforming The Shrimp Industry through Food Traceability and Business Differentiation Strategies at PT. Udang Maju Sejahtera. International Journal of Current Science Research and Review, 06(06). https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V6-i6-38

Munandar, J. M., Widyastuti, H., Zahra, N., & Handayani, N. (2023). Peningkatan Pengetahuan Pemasaran UMKM melalui Pelatihan Perbaikan Kemasan dan Penjualan di Marketplace di Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Bogor. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 404–412. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.9.3.404-412

Oosterhouse, K., Skemp, L., Williams, G., Lesperance, L., Heid-Grubman, J., Hill, C., & Banks-Wright, H. (2023). COMMUNITY ENGAGEMENT IN THE DEVELOPMENT OF SEE ME: THE STUDENT-ELDER* ENGAGED MENTORING EXPERIENCE. Innovation in Aging, 7(Supplement_1), 1007–1007. https://doi.org/10.1093/geroni/igad104.3237

Radzka, B., Szaban, J., & Trochimiuk, R. (2019). Assessment of Effectiveness of Training Courses Conducted in Traditional Method and in Edutainment Formula. Kwartalnik Ekonomistów i Mened?erów, 52(2), 109–119. https://doi.org/10.5604/01.3001.0013.2376

Rianto, M. R., & Woestho, C. (2024). Pelatihan Dan Pendampingan Peningkatan Kinerja Usaha Berbasis Strategi Dan IT Pada Pelaku UMKM Hasil Olahan Laut Di Desa Labuan Pandeglang, Banten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31599/cw9k2471

Setiawan, F., Wicaksono, D., Rizki, I., Hillal, R. F., Widagdo, D., & Mahendra, D. A. (2024). Improving the production and managerial performance of tempeh chip MSMEs. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(1), 64–81. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20989

Sumiarsih, E., Kausar, K., & Eddiwan, E. (2022). Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan potensi desa menuju daerah wisata mandiri di Desa Koto Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Unri Conference Series: Community Engagement, 3, 316–323. https://doi.org/10.31258/unricsce.3.316-323

Published
2025-01-02