PENDAMPINGAN BRANDING DAN EDUKASI SUMBER DAYA MANUSIA KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAKU UMKM
Abstrak
Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjangkau pasar yang lebih luas sering mengalami kendala dengan adanya keterbatasan dalam hal pengetahuan dan strategi promosi. Sebagian besar promosi yang dilakukan oleh pelaku UMKM masih terbatas pada metode tradisional, seperti dari mulut ke mulut, dengan pembeli yang berasal mayoritas dari kalangan masyarakat sekitar. Padahal, potensi pengembangan UMKM dapat dimaksimalkan dengan pemanfaatan teknologi digital, seperti aplikasi Google Maps, yang dapat berfungsi sebagai alat promosi yang lebih efektif dan efisien untuk jangkauan penjualan produk yang lebih luas.
Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan branding dan edukasi sumber daya manusia kewirausahaan kepada mitra UMKM dalam mengoptimalkan penggunaan Google Maps sebagai sarana promosi usaha. Kegiatan pendampingan ini menggunakan metode ceramah yang dilengkapi dengan demonstrasi praktis, guna memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai cara memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk menandai lokasi usaha mereka secara digital dan edukasi mengenai kewirausahaan secara teoritis. Pelatihan tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 15 Oktober 2024 di Surakarta, yang diikuti oleh 5 peserta yang merupakan UMKM di wilayah tersebut.
Hasil dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan mitra UMKM dalam praktik wirausahan dan memanfaatkan Google Maps untuk promosi usaha mereka. Hal ini tercermin dari perbandingan skor pretest dan posttest yang menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menggunakan aplikasi tersebut. Sebagai luaran dari kegiatan ini, seluruh peserta telah berhasil menandai lokasi usaha mereka di Google Maps, yang memudahkan masyarakat luas untuk menemukan usaha yang mereka jalankan. Penerapan teknologi digital seperti Google Maps dan edukasi terkait dengan edukasi sumber daya manusia kewirausahaan ini terbukti dapat memberikan dampak positif terhadap promosi UMKM, sekaligus memperluas jangkauan pasar mereka. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai pemanfaatan teknologi, para pelaku UMKM di wilayah tersebut kini lebih siap untuk bersaing di pasar yang lebih luas dan berpotensi meningkatkan keberlanjutan usaha mereka.