PERCEPATAN DIGITALISASI MARKETING UNTUK MENINGKATKAN OMSET PADA PENGRAJIN SONGKOK
Abstrak
Permasalah prioritas yaitu melihat potensi sumber daya ekonomi yang berasal dari songkok cukup bagus, namun pengrajin belum responsif terhadap teknologi serta memahami pemanfaatan sosial sebagai media promosi dan pemasaran, menyebabkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengrajin masih secara langsung melalui pengumpul maupun pemesan yang datang ke rumah. Sehingga sangat di perlukan untuk memberikan pemahaman dan juga pendampingan langsung terhadap modep pemasaran digital kepada pengrajin songkok guna meningkatkat omsetnya. Selain percepatan penerapan digitalisasi marketing pada pengrajin songkok atau peci di desa Kepudibener, maka di pandang perlu juga dalam penguatan distribusi alur suplai bahan baku ke pengrajin songkok. Hal itu dilakukan karena disinyalir masih belum optimalnya penghasilan pengrajin songkok di desa Kepudibener karena terkendala murahnya upah dan keterlambatan bahan. Permasalah ini akan terus berkelanjutan jika tidak di carikan solusi dalam hal percepatan pemasarannya, karena dengan percepatan pemasaran melalu digital marketing maka tingkat pesanan akan naik dan secara otomatis akan menaikkan upah para pembantu pengrajin songkok.