PENGARUH PEER COUNSELING TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA KELAS IX MTs N 1 KLATEN TAHUN AJARAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Peer Counseling Terhadap Stress Akademik MTS N 1 Klaten. (2) Tingkat stres akademik siswa kelas IX MTS N Klaten (3) Ada tidaknya pengaruh Peer Counseling untuk menurunkan tingkat stress akademik siswa kelas IX MTS N Klaten. tahun ajaran 2022/2023.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTS N Klaten . Jumlah sampel adalah 23 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data variabel x dan y adalah quesioner
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mencari ada dan tidaknya pengaruh dari variabel x dan y.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX MTS N Klaten.Teknik pengumpulan data menggunakan quesioner. Deskripsi hasil penelitian yang diperoleh dari pengumpulan data dengan instrumen penelitian skala likert. Berdasarkan table output SPSS versi 26, diketahui bahwa nilai sig shapiro-wilk pretest adalah senilai 0,197 dan pada posttest senilai 0,731 lebih besar dari 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas Kolmogorov-smirnov, dapat di simpulkan bahwa data terdistibusi normal
Berdasarkan tabel output paired sample test diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000 karena nilai kurang dari 0,000 maka H0 ditolah dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan Ada pengaruh Peer Counseling untuk menurunkan tingkat stress akademik siswa kelas IX MTS N Klaten tahun ajaran 2022/2023.
?Berdasarkan kesimpulan disarankan pada guru pembimbing sangatlah penting dalam memeberikan layanan peer counseling sehingga siswa akan lebih mudah mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya untuk meningkatkan prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Konselor sekolah diharapkan mampu menggunakan teknik yang sesuai dengan permasalahan dan tidak menutup kemungkinan untuk menggabungkan teknik yang digunakan dengan teknik yang lain sebagai teknik pendukung.