PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MODIFIKASI PERMAINAN BERBASIS QR CODE UNTUK KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS III SD NEGERI 1 SIDOHARJO
Abstrak
Penelitian ini mempunyai tujuan menghasilkan suatu pengembangan modul pernbelajaran modifikasi permainan berbasis qr code untuk kemampuan motorik siswa. Jenis dari penelitian ini Research and Development menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Sidoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan angket atau kuisioner. Teknik untuk menganalisis data menggunakan uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Berdasarkan dari hasil validasi media modul pembelajaran modifikasi permainan berbasis qr code untuk kemampuan motorik dengan menggunakan Model Pengembangan ADDIE mencapai kriteria valid dengan mendapat skor rata-rata 0,84 dengan tabel validasi Aiken’s V kriteria tinggi. Pada uji coba kepraktisan guru dan siswa memperoleh skor rata-rata 88,22% dengan kriteria sangat praktis. Pada uji coba keefektifan memperoleh skor rata-rata N-Gain 0,84 dengan kriteria tinggi termasuk dalam kategori N-Gain g>0,75. Kesimpulannya dari nilai hasil uji coba hasil validasi, hasil uji kepraktisan guru dan siswa, dan uji keefektifan maka modul pembelajaran modifikasi permainan berbasis qr code untuk kemampuan motorik siswa menggunakan Model Pengembangan ADDIE terbukti valid, praktis, dan efektif untuk proses pembelajaran pada siswa Sekolah Dasar 1 Sidoharjo.
Referensi
Abdillah, A. (2019). Pengembangan model pembelajaran motorik berbasis permainan. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 8(2), 138–147.
Al Ardha, M. A. (2022). Inovasi digital learning pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK). Teknologi Metaverse Dalam Ilmu Keolahragaan, 39–45.
Aprilita, I., Darsih, H., & Syafutra, W. (2021). Pengaruh Modifikasi Permainan terhadap Kemampuan Motorik Anak Desa Kertasari. Silampari Journal Sport, 1(2), 44–53.
Azzahra, T. S., Mulyono, D., & Kusnanto, R. A. B. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbantuan Qr-Code Kelas V SDIT AN-NIDA Lubuklinggau. Linggau Journal of Elementary School Education, 2(3), 104–112.
Cinthia, C., Fakhrana, A., Manik, A. P., Nurhayani, N., & Khadijah, K. (2022). Permainan Petak Umpet dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak di RA Al-Kamal. Journal on Teacher Education, 4(2), 447–453.
Febriandi, R. F., Susanta, A. S., & Wasidi, W. W. (2020). Validitas Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 148–158.
Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Motorik Kasar Anak Tunagrahita Terhadap Motorik Halus. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2).
Hartoto, M., Mulyono, D., & Syafutra, W. (2021). Pengembangan modul pembelajaran atletik berbantuan QR code. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 2(1), 51–60.
Hasbi, H., & Sukoco, P. (2014). Pengembangan model pembelajaran motorik dengan modifikasi permainan tradisional untuk sekolah dasar kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 46–58.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28–37.
Kurniati, E., & Rachmawati, Y. (2019). Strategi pengembangan krativitas pada anak usia taman kanak-kanak.
Lusianti, S., & Puspodari, P. (2019). Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun 2019.
Maharani, P. I. R., Yanti, N. K. A. M., & Febriani, D. A. G. (2024). Coloring Smart Book: Aktivitas Mewarnai Bertema Tri Hita Karana Berteknologi QR Code Untuk Anak TK Sebagai Media Pendidikan Multikultural. Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 8(2), 121–135.
Purnamaningtyas, D. Y., & Kristanto, A. (2024). Pemanfaatan Egrang Dalam Pembelajaran Olahraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kolaborasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 211–221.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Parama publishing.
Turnip, H. A., & Wijayaningsih, L. (2022). Pengembangan Dadu QR Code untuk Alternatif Pengenalan Calistung Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4392–4404.