PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) RUAS JALAN KARANGASEM, KECAMATAN TANON KM 5+100 – 8+100 DENGAN METODE PD T–14–2003

  • Abi Baskoro Hemawan Susila Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta
  • Teguh Yuono Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta
  • Sumina Sumina Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta
Kata Kunci: Perkerasan Kaku, CBR Tanah Dasar, Ruas Jalan

Abstrak

Kecamatan Tanon ini berjarak sekiatar 14 Km dari ibu kota kabupaten Sragen. Keindahan kecamatan Tanon terlihat dari lingkungan yang masih terjaga dan asri, ditambah keramahan dan kearifan warga lokal. Jalan ini merupakan jalan penghubung antara Purwodadi- Gemolong- Tanon-Sidoharjo-Sragen. Pada ruas jalan ini merupakan jalur efektif yang digunakan kendaraan berat dan kendaraan niaga dari wilayah Sragen menuju Wilayah Gemolong dikarenakan dapat mempersingkat waktu tempuh. Maka dari itu pada ruas jalan ini perlu diadakan perbaikan jalan agar lalu lintas dapat berjalan dengan baik dan lancar. Analisis dilakukan dengan beberapa langkah. Langkah pertama yaitu Pengumpulan data CBR (California Bearing Rasio) dan LHR (Lalu Lintas Harian Rata-rata) langkah kedua yaitu Menghitung perencanaan kaku (rigid pavement) setelah itu Analisa perhitungan tebal pelat beton dengan menggunakan metode SNI Pd T- 14-2003. Hasil analisa perhitungan Perencanaan Perkerasan Kaku ( Rigid Pavement ) Ruas Jalan Karangasem, Kecamatan Tanon KM 5 + 100 – 8 + 100 Dengan Metode PD T – 14 – 2003 didapat Hasil perhitungan nilai CBR tanah dasar  = 4,5 %. Hasil perhitungan tebal perkerasan diperoleh tebal pondasi 10 cm dan tebal pelat beton 16 cm. Dan perhitungan penulangan kita dapatkan penulangan memanjang ø9 – 250 mm, penulangan melintang ø8 – 350 mm, ruji dowel bar ø28 – 450mm, jarak 300mm, panjangnya mm, tie bar ø13 – 650 mm, jarak 700 mm.

Diterbitkan
2024-12-09
Bagian
Articles