ANALISIS KEUNGGULAN KOMPETITIF CPO INDONESIA
Abstract
Penurunan permintaan berbagai negara importir CPO selama 2017 menyebabkan kondisi persaingan antar negara eksportir CPO seperti Indonesia, Malaysia, Colombia, Brazil dan Thailand menjadi lebih ketat. Guna memenangkan persaingan dengan pesaing salah satu variabel yang menjadi tolok ukur utama adalah harga barang yang dijual.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis keunggulan secara kompetitif CPO Indonesia dengan menggunakan konsep Biaya Sumber Daya Domestik dengan analisis CAR (Competitive Advantages Ratio). Hasil penelitian menunjukanIndonesia memiliki keunggulan secara kompetitif dengan nilai CAR 0,3-0,41. Keunggulan kompetitif di Indonesia dicapai dengan penggunaan yang efektif pada biaya yang bersumber dari sumber daya domestik. Keunggulan kompetitif dapat menjadi lebih baik jika Indonesia bisa menghasilkan sendiri berbagai input produksi kelapa sawit seperti pupuk, pestisida dan berbagai mesin dan peralatan budidaya.
Copyright (c) 2019 JURNAL ILMIAH AGRINECA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.