TRANSFORMASI DIGITAL UMKM: MENGHADAPI TANTANGAN DAN MENGGAPAI PELUANG BERTUMBUH DALAM EKOSISTEM DIGITAL BAGI UMKM DI KOTA SOLO
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermula dari survei yang dilakukan oleh Kemenkop UKM pada tahun 2022 yang mengungkapkan beberapa kendala utama yang dihadapi UMKM dalam mengadopsi teknologi digital adalah akses terbatas ke teknologi sebesar 40%, kurangnya pemahaman tentang manfaat digitalisasi sebesar 30%, dan keterbatasan sumber daya sebesar 30%. Ketidakselarasan perkembangan teknologi dan kemampuan pelaku UMKM dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat menjadi tujuan penyelesaian utama dari pelatihan ini agar pelaku UMKM dapat berkembang dan merasakan manfaat dari penggunaan digital marketing. Kegiatan ini diadakan. Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, 27 April 2024 di Taman Cerdas Panularan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta yang dihadiri oleh 60 pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Panularan Kecamatan Laweyan. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan pemahaman dan praktek digital marketing pada pelaku UMKM di Kelurahan Panularan. Agar kegiatan pelatihan ini dapat memberikan hasil yang optimal, harus ada beberapa rekomendasi atau tindak lanjut yang perlu dilakukan, diantaranya: peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan pengabdian kepada masyarakat dengan tema digital marketing, diharapkan terus menjalankan usaha dengan menggunakan ilmu yang sudah diberikan dalam kegiatan pelatihan digital marketing.
References
Alves, H., Fernandes, C., & Raposo, M. (2016). Social Media Marketing: A Literature Review and Implications. Psychology and Marketing, 33(12), 1029–1038. https://doi.org/10.1002/MAR.20936
Aprilia, R., Wibowo, P., & Sitorus, F. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Mempertahankan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2283–2291. https://doi.org/10.37385/MSEJ.V3I4.824
Artanto, H., & Nurdiyansyah, F. (2017). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1). https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i1.409
Darmaningrum, K., Budiana Kurniawati, S., Sumarto, L., Rumaningsih, M., Adiyani, R., Darsono, D., Dimas, O., Prasetyo, T., Tunas, U., & Surakarta, P. (2024). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE UNTUK UMKM DI DESA KARANGSARI KABUPATEN KARANGANYAR. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 115–122. https://doi.org/10.36728/GANESHA.V4I1.2993
Dewanto, F. B., Febrian, M. H. P., Amir, M. R., & Prawira, I. F. A. (2023). Penerapan SEO Dalam Strategi Pemasaran Perusahaan. Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), 12(4), 709–715. https://doi.org/10.31959/JM.V12I4.1900
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD?: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/JMD.V1I2.175
Gunelius, S. (2010). 30-Minute Social Media Marketing: Step-by-step Techniques to Spread the Word About Your Business. McGraw-Hill. https://mhebooklibrary.com/doi/epdf/10.1036/9780071748650
Kingsnorth, S. (2016). Digital marketing strategy?: an integrated approach to online marketing. In London: Kogan Page. Kogan Page. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1130022
Nurmala, S. (2022). Peningkatan Pemasaran UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing Increasing MSME Marketing Through Digital Marketing Training. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2(3), 281–289. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.6340
P.M, S. M., Silviana, Fiqia, & Burhan, U. (2023). PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN KHAS GRESIK. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 485–497. https://doi.org/10.36441/SNPK.VOL2.2023.156
Putri, A. M. H. (2023). Jumlah UMKM Capai 8,71 Juta, Bisa Jadi “Tameng” Resesi? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230207115843-128-411724/jumlah-umkm-capai-871-juta-bisa-jadi-tameng-resesi
Utami, A., 1?, S., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja?: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/JKIN.V19I1.10207
Wicaksono, A. (2023). Adopsi Digital Perlu Dilakukan Pelaku UMKM. Medcom. https://www.medcom.id/ekonomi/ekonomi-digital/GbmM1zyb-adopsi-digital-perlu-dilakukan-pelaku-umkm
Wijiastuti, S., Darmaningrum, K., & Widodo, Z. D. (2021). Pengenalan Digital Marketing, Pelatihan Sosial Media Dan E-Commerce Dan Merancang Konten Pemasaran Yang Baik Bagi Pelaku Usaha Umkm Di Yayasan Amal Bakti Sudjono Taruno Baki Sukoharjo. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13483
Copyright (c) 2024 Kurniawati Darmaningrum, Laksono Sumarto, Rini Adiyani, Darsono, Atik Lusia, Muhammad Iqbal Azuma, Novita Aryani, Novita Aryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).