TRANSFORMASI DIGITAL UMKM: MENGHADAPI TANTANGAN DAN MENGGAPAI PELUANG BERTUMBUH DALAM EKOSISTEM DIGITAL BAGI UMKM DI KOTA SOLO

  • Kurniawati Darmaningrum Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Laksono Sumarto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Rini Adiyani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Darsono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Atik Lusia Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Muhammad Iqbal Azuma Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Novita Aryani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermula dari survei yang dilakukan oleh Kemenkop UKM pada tahun 2022 yang mengungkapkan beberapa kendala utama yang dihadapi UMKM dalam mengadopsi teknologi digital adalah akses terbatas ke teknologi sebesar 40%, kurangnya pemahaman tentang manfaat digitalisasi sebesar 30%, dan keterbatasan sumber daya sebesar 30%. Ketidakselarasan perkembangan teknologi dan kemampuan pelaku UMKM dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat menjadi tujuan penyelesaian utama dari pelatihan ini agar pelaku UMKM dapat berkembang dan merasakan manfaat dari penggunaan digital marketing. Kegiatan ini diadakan. Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, 27 April 2024 di Taman Cerdas Panularan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta yang dihadiri oleh 60 pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Panularan Kecamatan Laweyan. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan pemahaman dan praktek digital marketing pada pelaku UMKM di Kelurahan Panularan. Agar kegiatan pelatihan ini dapat memberikan hasil yang optimal, harus ada beberapa rekomendasi atau tindak lanjut yang perlu dilakukan, diantaranya: peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan pengabdian kepada masyarakat dengan tema digital marketing, diharapkan terus menjalankan usaha dengan menggunakan ilmu yang sudah diberikan dalam kegiatan pelatihan digital marketing.

References

Alves, H., Fernandes, C., & Raposo, M. (2016). Social Media Marketing: A Literature Review and Implications. Psychology and Marketing, 33(12), 1029–1038. https://doi.org/10.1002/MAR.20936

Aprilia, R., Wibowo, P., & Sitorus, F. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Mempertahankan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2283–2291. https://doi.org/10.37385/MSEJ.V3I4.824

Artanto, H., & Nurdiyansyah, F. (2017). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1). https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i1.409

Darmaningrum, K., Budiana Kurniawati, S., Sumarto, L., Rumaningsih, M., Adiyani, R., Darsono, D., Dimas, O., Prasetyo, T., Tunas, U., & Surakarta, P. (2024). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE UNTUK UMKM DI DESA KARANGSARI KABUPATEN KARANGANYAR. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 115–122. https://doi.org/10.36728/GANESHA.V4I1.2993

Dewanto, F. B., Febrian, M. H. P., Amir, M. R., & Prawira, I. F. A. (2023). Penerapan SEO Dalam Strategi Pemasaran Perusahaan. Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), 12(4), 709–715. https://doi.org/10.31959/JM.V12I4.1900

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD?: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/JMD.V1I2.175

Gunelius, S. (2010). 30-Minute Social Media Marketing: Step-by-step Techniques to Spread the Word About Your Business. McGraw-Hill. https://mhebooklibrary.com/doi/epdf/10.1036/9780071748650

Kingsnorth, S. (2016). Digital marketing strategy?: an integrated approach to online marketing. In London: Kogan Page. Kogan Page. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1130022

Nurmala, S. (2022). Peningkatan Pemasaran UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing Increasing MSME Marketing Through Digital Marketing Training. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2(3), 281–289. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.6340

P.M, S. M., Silviana, Fiqia, & Burhan, U. (2023). PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN KHAS GRESIK. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 485–497. https://doi.org/10.36441/SNPK.VOL2.2023.156

Putri, A. M. H. (2023). Jumlah UMKM Capai 8,71 Juta, Bisa Jadi “Tameng” Resesi? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230207115843-128-411724/jumlah-umkm-capai-871-juta-bisa-jadi-tameng-resesi

Utami, A., 1?, S., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja?: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/JKIN.V19I1.10207

Wicaksono, A. (2023). Adopsi Digital Perlu Dilakukan Pelaku UMKM. Medcom. https://www.medcom.id/ekonomi/ekonomi-digital/GbmM1zyb-adopsi-digital-perlu-dilakukan-pelaku-umkm

Wijiastuti, S., Darmaningrum, K., & Widodo, Z. D. (2021). Pengenalan Digital Marketing, Pelatihan Sosial Media Dan E-Commerce Dan Merancang Konten Pemasaran Yang Baik Bagi Pelaku Usaha Umkm Di Yayasan Amal Bakti Sudjono Taruno Baki Sukoharjo. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13483

Published
2024-07-29
Section
Articles