Pelatihan Bisnis dengan Digital Marketing untuk Generasi Muda di Kota Surakarta
Abstract
ABSTRAK
Pemasaran merupakan elemen yang penting dalam menjalankan bisnis, sehingga dalam awal perencanaan bisnis diperlukan waktu untuk memikirkan metode pemasaran apa yang benar sehingga barang atau jasa yang dijual laku di pasar. Hal ini dikarenakan perencanaan bisnis diawal akan mempengaruhi keberhasilan bisnis, termasuk metode/cara pemasaran apa dan bagaimana caranya dilakukan oleh para pelaku usaha. Masalah utama yang dihadapi oleh generasi muda dalam memulai bisnis adalah kurangnya pengetahuan dalam membangun sebuah bisnis yang memiliki prospek yang baik, dan juga kurangnya pengetahuan tentang pemasaran digital, khususnya media sosial dan e-commerce. Kurangnya pengetahuan ini tentang pemasaran digital telah menginspirasi tim pengabdian masyarakat untuk memberikan sosialisasi dan memberikan pelatihan tentang penggunaan ini teknologi informasi dan komunikasi. Jika generasi muda mengerti pentingnya pemasaran digital untuk peluang bisnis, mereka adalah diharapkan dapat termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi untuk membuka peluang bisnis mereka, dan dapat mempraktekannya secara langsung dengan memanfaatkan media sosial dan e-commerce. Berdasarkan masalah utama mitra yaitu kurangnya informasi manajemen pemasaran, solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah dengan memberikan materi terkait pemasaran digital untuk meningkatkan pendapatan. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Target yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi dari pengenalan digital marketing pada generasi muda dalam upaya memotivasi dan meningkatkan semangat kewirausahaan untuk generasi muda.