TROUBLESHOOTING KEGAGALAN APU TIPE GTCP 85 – 129E PESAWAT BOEING 737 – 300

  • Gilang Prasetyo Yulianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Muhammad Ikhsan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Riza Arif Pratama Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Widyanita Harwijayanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Auxiliary Power Unit (APU), Ignition Exciter, Aircraft Maintenance Manual (AMM)

Abstract

APU (Auxiliary Power Unit) adalah salah satu jenis turbin yang mempunyai banyak fungsi khususnya di pesawat besar antara lain, sebagai sumber penghasil electrical power dan pneumatic pada saat di darat dan saat terbang serta juga berfungsi untuk starting engine. Dalam memastikan kelayakan terbang, perlu dilakukan penanganan setiap komponen sesuai dengan panduan Aircraft Maintenance Manual (AMM). Pemeriksaan pada APU dilakukan secara berurutan dimulai dari igniter plug, igniter cable dan ignition exciter. Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan kerusakan pada komponen ignition exciter. Troubleshooting dilakukan dengan melakukan penggantian komponen ignition exciter yang rusak. Langkah-langkah penggantian komponen ignition exciter dilakukan sesuai dengan panduan AMM Chapter 49. Setelah itu, engineer melakukan APU starting untuk mengetahui komponen ignition exciter dapat menghasilkan tegangan sehingga igniter plug menimbulkan percikan api dan terjadi proses pembakaran pada combustion chamber. Jika telah mencapai kondisi ini, maka dapat dipastikan bahwa APU menyala dengan secara normal.

References

F. A. Slamet Firdaus and M. MAMIN, “Analisis Troublehooting Starter Motor terus berputar saat putaran APU Engine mencapai 50% rpm,” Semin. Teknol. Majalengka, vol. 6, pp. 211–215, 2022, doi: 10.31949/stima.v6i0.715.

I. P. Faturrachman, “Lubrication System Pada Auxiliary Power Unit ( Apu ),” J. Tek. STTKD, vol. 3, no. 1, pp. 41–56, 2016.

F. Setiawan, E. Sofyan, and D. Muridha C. Putra, “Analisis Reliability Sistem Starter Valve Untuk Merencanakan Aktivitas Maintenance Pada Pesawat Boeing 737 Next Generation Di Pt Gmf Aeroasia,” Tek. STTKD J. Tek. Elektron. Engine, vol. 6, no. 2, pp. 92–103, 2020, doi: 10.56521/teknika.v6i2.272.

F. Setiawan, Y. T. Purwantiningsih, and D. Wicaksono, “Schedule Planning and Maintenance Activities Auxiliary Power Unit (APU) Boeing 737-500 Aircraft With Reliability Method,” Pros. Semin. Nas. Sains Teknol. dan Inov. Indones., vol. 3, no. November, pp. 91–102, 2021, doi: 10.54706/senastindo.v3.2021.130.

Cyrilus, “Analisis Terhadap Starter Motor Auxiliary Power Unit 85 / 129E Saat on Pada Pesawat Boeing 737-300 / Pk-Yvw,” J. Ind. Elektro dan Penerbangan, vol. 2, no. 2, pp. 15–18, 2012.

E. M. Gallart, “Design of Auxiliary Power Unit (APU) for co-operation with a turboshaft engine,” 2013.

Yardla and Subijanto, “Analisa Kerusakan Ignition Exciter Apu Tipe TCN-1031 pada Pesawat Boeing 737-300 PK MBP,” Indept, vol. 6, no. 1, pp. 40–47, 2016.

B. L. Rogers, C. J. Hamblin, and A. Chaparro, “Classification and analysis of errors reported in aircraft maintenance manuals,” Int. J. Appl. Aviat. Stud., vol. 8, no. 2, pp. 295–309, 2008.

Boeing, “CHAPTER 49 Auxiliary Power System” in Aircraft Maintenance Manual (AMM), 2017, Chapter 49, pp 1 - 19.

Published
2025-01-11