PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI EDUKASI DAN IMPLEMENTASI E-MODUL INTERAKTIF BAGI GURU PJOK SMP

  • Indra Ramadhan Universitas Negeri Semarang
  • Adiska Rani Ditya Candra Universitas Negeri Semarang
  • Sobihin Universitas Negeri Semarang
  • Jennyca Maura Angellina Universitas Negeri Semarang
  • Aditya Dwi Hardanu Universitas Negeri Semarang
  • Muchamad Firdaus Yudatama Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kompetensi Pedagogik, E-modul Interaktif

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru PJOK SMP Kabupaten Purbalingga melalui kegiatan edukasi dan implementasi e-modul interaktif. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu pemaparan materi mengenai e-modul interaktif, praktik penyusunan e-modul interaktif, monitoring dan evaluasi. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah guru PJOK SMP Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 35 orang yang mewakili setiap kecamatan sekabupaten Purbalingga. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata 60.77 dan hasil posttest menujukkan nilai rata-rata 82.03. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru yang signifikan terkait e-modul interaktif. Guru juga mampu menyusun e-modul interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kegiatan pengabian ini dapat meningkatkan pemahaman guru terkait penyusunan e-modul interaktif. Adanya peningkatan pemahaman guru terkait e-modul interaktif, berdampak pada peningkatan kompetensi pedagogik. Kegiatan pengabdian selanjutnya diharapkan mampu mendorong guru untuk lebih memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan maupun pelaksanaan proses pembelajaran.

Published
2024-10-03