PELATIHAN INTEGRASI DIGITAL TOOLS DALAM PEMBUATAN AKSI NYATA GURU SMP IPA KABUPATEN KEEROM, PAPUA

  • Nurbaya Nurbaya Universitas Cenderawasih
  • Hanida Listian Universitas Cenderawasih
  • Suriyah Satar Universitas Cenderawasih
  • Cartika Candra Ledoh Universitas Cenderawasih
Keywords: Aksi Nyata, Digital Tools, Keerom, Papua

Abstract

Implikasi perkembangan teknologi mengharuskan guru menguasai integrasi digital tools dalam proses pembelajaran maupun pemenuhan kinerja sebagai seorang profesional. Implementasi Kurikulum Merdeka ditandai dengan terbitnya Platform Merdeka Mengajar (PMM), mengharuskan guru membuat aksi nyata. Aksi nyata dibuat oleh guru dengan mengintegrasikan ICT kedalam proses dan output nya. Masih banyak guru di Kabupaten Keerom yang membutuhkan asistensi dalam pembuatan aksi nyata dan pemanfaatan teknologi secara bersamaan. Kesenjangan yang terjadi ini, menjadi latarbelakan dilakukannya Pengabdian Kepada Masyarakat terkhusus untuk guru SMP di Kabupaten Keerom. Pelatihan yang diberikan berlangsung dalam 4 tahapan kegiatan. Rangkuman kegiatan pada tahap 1 yaitu persiapan pelaksanaan PKM di Kabupaten Keerom. Tahap 2 ditandai dengan pemaparan materi PKM, dan dilanjutkan pada tahap 3 mendemonstrasikan materi yang telah disampaikan. Tahapan 4 adalah evaluasi kegiatan yang telah berlangsung. Peserta pelatihan berjumlah 23 Guru SMP di Kabupaten Keerom. Diharapkan pelatihan bisa memberikan kemudahan bagi guru dalam pembuatan aksi nyata dengan memanfaatkan digital tools sebagai penunjang dalam penyusunannya. Pelatihan selanjutnya diharapkan mampu menghadirka peserta dengan jumlah yang lebih banyak dengan durasi pelatihan yang juga lebih lama.

Published
2024-10-03