https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JMSG/issue/feedJURNAL MITRA SWARA GANESHA2024-10-05T15:57:20+07:00PRAMONOpramono@gamil.comOpen Journal SystemsJurnal ini berisi artikel pengajaran, pendidikan dan penelitian. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD FKIP UTP SKA.https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JMSG/article/view/3965PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA FASE C SD NEGERI BOROREJO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/20242024-08-09T13:57:07+07:00Silvia Winny Arantikasilviaawinny@gmail.comNinda Beny Asfurinindaarjuna@gmail.comRika Yuni Ambarsaririkaambarsari602@gmail.comLuncana Faridhoh Sasmitoluncanafs@gmail.comHarbonoharbonodipuro@gmail.comSlamet Santosossantoso111285@gmail.com<p> Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa fase C di Sekolah Dasar Negeri Bororejo Surakarta, dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa fase C di Sekolah Dasar Negeri Bororejo Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dari penelitian ini berjumlah 43 siswa. Data diperoleh melalui observasi, angket, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar dengan hasil penelitian diperoleh 0,000 < 0,05, sedangkan T<sub>hitung</sub> 4.424 > 1.683 T<sub>tabel</sub> sehingga Ha diterima Ho ditolak. (2) Presentase bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa Fase C yaitu sebesar 32,3%. Hal ini menunjukan bahwa 32,3% dipengaruhi oleh bimbingan orang tua, sedangkan 67,8 dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini.</p> <p>Kata Kunci: Bimbingan orang tua, Motivasi belajar, Siswa fase c</p>2024-07-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JMSG/article/view/4089IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES) DI KELAS I SEKOLAH DASAR PADA MASA TRANSISI PAUD-SD2024-08-29T11:19:25+07:00Yeni Chotimatul Chusnayeni.chotimatul21@admin.paud.belajar.idNova Nurhayatinova.nurhayati18@gmail.comMika Efendi Wijayamikawijaya68@guru.paud.belajar.idLyla Puspitaylaspd52@guru.smp.belajar.idSri Mulyatisrimulyati999@guru.paud.belajar.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dengan model BCCT pada masa transisi PAUD-SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk secara logis dan sistematis menggambarkan implementasi model pembelajaran sentra atau BCCT di kelas 1. Setting penelitian dilakukan di SD di Surakarta pada bulan Mei sampai dengan Juni 2024 yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan model BCCT. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Data dianalisis dengan tahapan <em>data reduction</em>, <em>data</em> <em>display</em>, <em>conclusion</em> <em>drawing</em> dan verifikasi. Teknik triangulasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada perencanaan pembelajaran, guru menyusun modul ajar, mempersiapkan materi atau bahan ajar, mempersiapkan sentra balok, menyusun lembar kerja siswa dan rencana evaluasinya. 2) Kegiatan pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pembukaan antara lain berdoa, salam pembuka, warmer, pre-teaching, ice-breaking tepuk, dan pengenalan materi secara singkat. Kegiatan pembelajaran berlangsung dengan kelompok yang bermain balok yang disusun menjadi bangunan atau mengamati bentuk bangun datar tersebut. Guru memfasilitasi siswa dengan menjelaskan nama bangun datar yang ada di sentra balok. 3) Evaluasi pembelajaran menunjukkan kelebihan dalam implementasi model pembelajaran BCCT di kelas 1 adalah siswa antusias dalam belajar, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan bermain, bergerak dan merespon baik instruksi yang diberikan oleh guru, lebih memahami materi bentuk bangun datar, dan hasil belajar siswa juga baik. Kelemahannya adalah dalam perencanaan guru perlu usaha lebih. Artinya, guru perlu lebih banyak waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk mendukung proses pembelajaran terutama dalam penyiapan sentra.</p> <p>Kata kunci: model pembelajaran BCCT, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi</p>2024-07-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JMSG/article/view/4203PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK TRANSISI PAUD-SD2024-10-05T15:57:20+07:00Sabihisma Wahyu Candrasabihismacandra48@guru.sd.belajar.idRia Ayu Rizki Nur Fitriastutiriafitriastuti32@guru.paud.belajar.idErni Widaningrumerniwidaningrum52@guru.paud.belajar.idHesti Indrayanihestiindrayani61@guru.paud.belajar.idTri Suyantitrisuyanti52@guru.paud.belajar.idUlin Nuharis Diatiulindiati41@guru.paud.belajar.id<p> Gerak tubuh selama beraktifitas dapat mendorong perkembangan kemampuan motori kasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permainan tradisional engklek untuk meningkatkan kemampuan motoric kasar siswa pada masa transisi PAUD-SD di SD Negeri Pabelan 03 Kecamatan Kartasura. Jenis penelitian ini adalah kualitatif untuk memahami secara mendalam suatu kejadian dengan melakukan interaksi dengan subyek-subyek yang berkaitan dengan kejadian tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, tampilan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Permainan Engklek terbukti berpengaruh terhadap keterampilan motorik kasar anak. Hal tersebut dilihat dari hasil observasi selama pertemuan I, II, dan III, dimana keterampilan motorik kasar anak-anak meningkat setelah bermain Engklek. Oleh karena itu, simpulan penelitian ini adalah bahwa permainan tradisional Engklek dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak transisi PAUD-SD.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Permainan tradisional engklek, Keterampilan motorik kasar, Anak transisi PAUD-SD</p>2024-07-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024