PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK TRANSISI PAUD-SD
Abstract
Gerak tubuh selama beraktifitas dapat mendorong perkembangan kemampuan motori kasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permainan tradisional engklek untuk meningkatkan kemampuan motoric kasar siswa pada masa transisi PAUD-SD di SD Negeri Pabelan 03 Kecamatan Kartasura. Jenis penelitian ini adalah kualitatif untuk memahami secara mendalam suatu kejadian dengan melakukan interaksi dengan subyek-subyek yang berkaitan dengan kejadian tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, tampilan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Permainan Engklek terbukti berpengaruh terhadap keterampilan motorik kasar anak. Hal tersebut dilihat dari hasil observasi selama pertemuan I, II, dan III, dimana keterampilan motorik kasar anak-anak meningkat setelah bermain Engklek. Oleh karena itu, simpulan penelitian ini adalah bahwa permainan tradisional Engklek dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak transisi PAUD-SD.
Kata Kunci: Permainan tradisional engklek, Keterampilan motorik kasar, Anak transisi PAUD-SD