PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN LITERASI DI MASA TRANSISI PAUD-SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran literasi di masa transisi PAUD-SD. Ini adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran literasi di masa transisi PAUD-SD. Data berupa pernyataan dari responden yaitu guru kelas terkait dengan perannya dalam pembelajaran literasi. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Triangulasi dilakukan dengan triangulasi metode, dimana peneliti menggunakan metode berbeda dalam menggali informasi terkait peran guru dalam pembelajaran literasi di kelas awal yakni kelas transisi PAUD-SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam perencanaan pembelajaran literasi adalah merancang modul ajar, menentukan media pembelajaran, metode pembelajaran, materi ajar, lembar kerja siswa, dan rencana evaluasi yang dituangkan dalam modul ajar. 2) Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah mengkreasikan model, media, dan strategi pembelajaran, memantau dan membimbing siswa yang belajar dengan melibatkan kemampuan psikomotorik, audio dan visual mereka. 3) peran guru dalam evaluasi pembelajaran adalah dengan melaksanakan evaluasi (evaluator) yaitu melaksanakan penilaian proses dan unjuk kerja.
Kata kunci: peran guru, pembelajaran literasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, transisi