Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS <p>Jurnal ini berisi artikel ilmiah tentang Pendidikan, Pembelajaran, Olahraga dan Kesehatan yang diterbitkan oleh Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UTP Surakarta</p> en-US spiritjournal@utp.ac.id (Risa Agus Teguh) imamsetyonugroho@lecture.utp.ac.id (Imam Setyo Nugroho) Mon, 03 Jun 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SHOOTING SECARA CONTINUE DAN INTERVAL TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING KEGAWANG DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA ATLET PUTRA USIA 10–12 TAHUN SEKOLAH SEPAKBOLA SR SOCCER SCHOOL KARANGANYAR TAHUN 2023 https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3443 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Ada tidaknya perbedaan Perbedaan Pengaruh Latihan Shooting&nbsp; Secara Continue Dan Interval&nbsp; Terhadap Kemampuan Shooting&nbsp; Kegawang Dalam Permainan Sepakbola Pada Atlet Putra Usia 10–12 Tahun Sekolah Sepakbola SR Soccer Scholl Tahun 2023. 2).&nbsp; Latihan yang lebih baik manakah antara Perbedaan Pengaruh Latihan Shooting&nbsp; Secara Continue Dan Interval&nbsp; Terhadap Kemampuan Shooting&nbsp; Kegawang Dalam Permainan Sepakbola Pada Atlet Putra Usia 10–12 Tahun Sekolah Sepakbola SR Soccer Scholl Tahun 2023.</p> <p>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test and post-test group. Populasi penelitian ini adalah Atlet Putra Usia 10–12 Tahun Sekolah Sepakbola SR Soccer Scholl Tahun 2023 yang berjumlah 45 orang atlet. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 30 orang dengan teknik <em>random </em>melalui undian. Pembagian Kelompok Secara Ordinal Pairing. Teknik pengumpulan data melalui tes dan pengukuran kemampuan Shooting&nbsp; Bobby Charlton dari Danny Mielke (2007: 76). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diperoleh simpulan sebagai berikut: 1). Ada Perbedaan Pengaruh Latihan <em>Shooting &nbsp;</em>secara <em>continue</em> Dan <em>Interval </em>&nbsp;Terhadap Kemampuan <em>Shooting &nbsp;</em>Ke gawang Dalam Permainan Sepakbola Pada Atlet Putra Usia 10–12 Tahun Sekolah Sepakbola SR Soccer School Karanganyar Tahun 2023. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu t<sub>hitung </sub>= 3.588 lebih kecil dari pada t<sub>tabel</sub> = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. 2). Latihan <em>Shooting &nbsp;</em><em>Interval </em>&nbsp;lebih baik pengaruhnya dari pada metode <em>Sirkuit</em> Terhadap Kemampuan <em>Shooting &nbsp;</em>Ke gawang Dalam Permainan Sepakbola Pada Atlet Putra Usia 10–12 Tahun Sekolah Sepakbola SR Soccer School Karanganyar Tahun 2023. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan <em>Shooting &nbsp;</em>dalam bola dalam permainan Sepak Bola menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan <em>Shooting &nbsp;</em>secara Continue) adalah 26.32% &gt; kelompok 2 (kelompok yang mendapat <em>Interval </em>) adalah 42.05%.</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> <em>Latihan Continue, Interval, Shooting, Sepakbola</em></p> Arief Ichsan Fernando, Risa Agus Teguh wibowo, Rendra Agung Prabowo Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3443 Mon, 03 Jun 2024 00:00:00 +0700 PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3529 <p>Peran guru dalam membentuk karakter siswa di sekolah merupakan hal yang penting dalam pembangunan individu yang berkualitas. Khususnya dalam konteks pendidikan jasmani, guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Artikel ini membahas peran guru pendidikan jasmani dalam membentuk karakter siswa di sekolah. Metode penelitian yang digunakan mencakup tinjauan Pustaka. Tinjauan pustaka merupakan penelaahan terhadap artikel ilmiah, buku, atau materi terbit lainnya tentang suatutopik tertentu. Tujuannya adalah untuk memberikan ringkasan, deskripsi, dan evaluasi kritis terhadap suatu topik atau pernyataan. Hasil penelitian mencakup guru pendidikan jasmani memiliki kesempatan yang unik untukmengajarkan nilai-nilai penting seperti disiplin, kerjasama, ketekunan, tanggung jawab, dan sikap sportifmelalui aktivitas fisik yang terstruktur. Melalui kurikulum yang terencana dengan baik, pemilihan aktivitas yang relevan, pengajaran nilai-nilai karakter secara eksplisit, pemberian contoh perilaku positif, dan memberikan umpan balik yang konstruktif, guru dapat membentuk karakter siswa dengan efektif. Penting bagiguru untuk menyadari bahwa pembentukan karakter memerlukan upaya yang berkelanjutan dan konsisten. Dengan kesadaran akan peran mereka, guru pendidikan jasmani dapat menjadi agen perubahan yang membantumenciptakan lingkungan sekolah yang mendukung perkembangan siswa secara holistik, sehingga mereka menjadi individu yang berkarakter, berkompeten, dan siap menghadapi tantangan masa depan.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> guru, pendidikan jasmani, karakter, dan lingkungan sekolah.</p> M Ihya Alimuddin, Haikal Musyaffa Al-Firdaus, Hardian, Maulana Rifki Batubara, Burhan Hambali Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3529 Mon, 03 Jun 2024 00:00:00 +0700 PERAN PENTING PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3553 <p>Pendidikan adalah halaman dan tertentangan untuk mewujudkan proces pembelajaran dan suasana belajar, sehingga peserta didik secara aktivitas mengembangkan kekuatan spiritual di sebagaimana peserta didik. Keagamaan, Pengendalian Diri, Kepribadian, Kecerdasan, Akhlak Mulia. Pendidikan jasmani merupakan bagian penting dari pendidikan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian literasi. Penelitian literasi yaitu jenis penelitian yang dilakukan dengan pendalaman terhadap buku, literatur, catatan dan berbagai informasi yang berkenaan dengan soal yang akan dibahas dan dipecahkan. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dikutip dari berbagai sumber berupa berita online, buku, dan jurnal dari peneliti terdahulu pendidikan karakter merupakan proses merubah watak dan tingkah laku individu atau kelompok agar menjadi manusia yang lebih dewasa dengan pendidikan dan pengajaran: proses pendidikan, metode dan tindakan, Berbicara tentang pendidikan jasmani, itu tidak hanya tentang latihan fisik dan prestasi atletik. Secara umum, pendidikan jasmani merupakan komponen integral dari pendidikan, yang mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Pendidikan merupakan hal yang penting dalam mewujudkan proses pembelajaran dan suasana belajar agar peserta didik dapat mengembangkan kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara. Karakter adalah nilai-nilai perilaku manusia yang terkait dengan hubungan mereka dengan aspek dalam kehidupan, seperti Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan negara.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Pendidikan, pendidikan jasmani, karakter</p> Acep Noval Mulzaman, Mochamad Wisnu Aziz, Raka Muhamad Heryanto, Rival Pratama Putra, Burhan Hambali Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3553 Mon, 03 Jun 2024 19:14:33 +0700 PENGEMBANGAN PERSONAL MELALUI PENDIDIKAN JASMANI: PERAN PENTING DALAM PEMBENTUKAN KESEHATAN MENTAL DAN FISIK https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3576 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan personal melalui pendidikan jasmani terkhusus nya di perkembangan fisik dan mental dengan menggunakan pendekatan review artikel. Pencarian literatur dilakukan dengan menggunakan mesin pencari Google Scholar. Pencarian artikel dibatasi pada publikasi dalam lima tahun terakhir yang diterbitkan di jurnal nasional/internasional terakreditasi dan dapat diakses secara terbuka <em>(open access)</em>. Hasil identifikasi data menggunakan metode Narrative Literature Review menunjukan bahwa adanya hubungan aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani dan kesehatan mental. Selain itu, diketahui juga bahwa latihan kesehatan mental sangat berpengaruh terhadap meningkatkan performa olahraga.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Pendidikan Jasmani, Kesehatan Mental dan Fisik</p> Siti Zakiatul Balqis, Putri Nabila Indriani, Siti Zahra Aglia Irian, Desi Sri Rahayu, Burhan Hambali Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3576 Mon, 03 Jun 2024 19:21:17 +0700 STRATEGI PENDIDIKAN JASMANI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM MENJALANI KEHIDUPAN https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3580 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan jasmani untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menjalani kehidupan <em>(life skill). </em>Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka dengan membandingkan artikel yang diterbitkan di jurnal Nasional. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber berupa berita <em>online</em> dan artikel pada jurnal <em>online </em>dengan menggunakan Google Scholar. Hasil yang didapat dari dilakukannya penelitian ini adalah strategi pembelajaran pendidikan jasmani tidak harus terpusat pada guru tetapi pada siswa. Orientasi pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan siswa, isi dan urusan materi serta cara penyampaian harus disesuaikan sehingga menarik dan menyenangkan, sasaran pembelajaran ditujukan bukan hanya mengembangkan keterampilan olahraga, tetapi pada perkembangan pribadi siswa seutuhnya. Strategi pendidikan merupakan aspek penting dari pengajaran, yang mengharuskan guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang efektif.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: strategi, Pendidikan jasmani, prestasi, siswa</p> Aninda Azzahra Rusyidah Royan, Ina Numalasari, Kasih Permatahati, Desi Triastuti, Burhan Hambali Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3580 Mon, 03 Jun 2024 19:30:50 +0700 MEMPERKUAT KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3586 <p>Artikel ini menggunakan pendekatan sistematis berupa refleksi literatur komparatif terhadap artikel-artikel yang diakui, khususnya artikel dari Google Scholar. Dalam penulisan artikel nasional ini digunakan pendekatan sistematik berupa tinjauan pustaka, yaitu menghitung artikel yang diterbitkan pada jurnal yang diakui secara/internasional, termasuk artikel dari Google Scholar. Kali ini kami akan fokus pada tema ``Peningkatan kemanusiaan melalui permainan tradisional untuk siswa sekolah dasar di kelas pendidikan jasmani.‘’ Kata kuncinya adalah karakter, permainan tradisional, dan pendidikan jasmani. Artikel selanjutnya akan dijelaskan lebih detail dengan menggunakan metode Ringkas, dimana metode ini dapat dijelaskan dengan menulis ulang dengan menyebutkan sumber kalimatnya sendiri, merangkum pokok bahasan dan menyimpulkan Kesimpulan yang dapat diambil dari jurnal penelitian. Sumber data dasar yang digunakan dalam artikel ini. Penelitian ini membahas tentang pentingnya penanaman karakter siswa sekolah dasar dengan menggunakan permainan tradisional dalam pendidikan Jasmani. Pendidikan berperan penting dalam mengubah kepribadian peserta didik dan memahami pentingnya pola hidup sehat dan aktivitas fisik yang teratur. Penggunaan permainan tradisional dalam pendidikan jasmani dasar dapat menjadi strategi yang efektif dalam pelatihan karakter siswa. Guru harus memahami nilai-nilai karakter dalam pendidikan PJOK agar lebih memberikan dampak positif bagi siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Karakter: Permainan Tradisional:Pendidikan Jasmani</p> Intan Rizki Febriani, Ade Pia Nurfajariyah, Pesty Nur Anissa, Burhan Hambali Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3586 Mon, 03 Jun 2024 19:37:31 +0700 JENIS JENIS AKTIVITAS DALAM PENDIDIKAN JASMANI https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3581 <p>Olahraga merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat manusia. Dalam penelitian ini, kami mengeksplorasi berbagai jenis olahraga yang populer dan mengkaji manfaat serta tantangan yang terkait dengan masing-masing jenis olahraga. Kami menganalisis lima kategori utama olahraga, termasuk aktivitas pegembangan, aktivitas senam, aktivitas ritmik, aktivitas air, dan pendidikan luar kelas. Penelitian ini mencakup tinjauan literatur tentang manfaat fisik, mental, dan sosial dari setiap jenis olahraga, serta risiko dan tantangan yang mungkin dihadapi oleh para pelakunya. Hasilnya menunjukkan bahwa berbagai jenis olahraga memberikan manfaat yang unik bagi kesehatan fisik dan mental, namun juga memiliki tantangan yang perlu diatasi untuk mencapai hasil yang optimal. Implikasi praktis dari penelitian ini termasuk pentingnya variasi dalam rutinitas olahraga individu dan pengembangan strategi untuk mengatasi hambatan yang mungkin muncul selama berolahraga.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Jenis jenis, olahraga, Pendidikan</p> Vania Aurellia Azzahra, Dinda Ayu Lestari, Syahwa Ananda Aulia, Maulida Aldora Fahira, Burhan Hambali Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3581 Mon, 03 Jun 2024 19:44:21 +0700 PERBANDINGAN KONDISI FISIK DAN TINGKAT RESPONSE ANTARA MAHASISWA PRODI PJKR DENGAN MAHASISWA PRODI BAHASA PRANCIS ANGKATAN 2023 https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3635 <p>Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kondisi fisik dan tingkat respons antara mahasiswa prodi PJKR dengan mahasiswa prodi Bahasa Prancis angkatan 2023. Kondisi fisik yang dianalisis meliputi beberapa aspek seperti kebugaran jasmani, komposisi tubuh, kecepatan, kelincahan, koordinasi, keseimbangan, dan fleksibilitas. Tingkat respons yang dianalisis meliputi kemampuan untuk&nbsp; melakukan aktivitas fisik, mengurangi risiko kelelahan fisik, dan mengurai stress. Penelitian ini membandingkan kondisi fisik dan tingkat kebugaran antara mahasiswa PJKR dengan mahasiswa Bahasa Prancis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa prodi PJKR memiliki kondisi fisik yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa prodi Bahasa Prancis. Kondisi fisik yang dianalisis meliputi komposisi tubuh, kecepatan, kelincahan, koordinasi, keseimbangan, dan fleksibilitas. Hasil tes kebugaran jasmani juga menunjukkan bahwa mahasiswa prodi PJKR memiliki tingkat kebugaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa prodi Bahasa Prancis.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Kondisi Fisik, Kebugaran, Kecepatan, Kelincahan</p> Dino Satryo, Muhamad Herdina Setiawan, Safa Maida Arlis, Sutiyoso Komara, Beltasar Tarigan Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3635 Mon, 03 Jun 2024 19:51:21 +0700 PERAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA PADA PERSONAL PENDIDIKAN JASMANI DI INDONESIA https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3621 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mejelaskan peranan Pendidikan jasmani dan olahraga pada personal Pendidikan jasmani di indonesia Salah satu peran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah dasar adalah peningkatan kesegaran jasmani anak didik. Kesegaran jasmani yang baik diharapkan anak didik dapat mencapai perkembangan gerak yang optimal sehingga dapat mengikuti atau melakukan aktivitas pembelajaran lainnya dengan&nbsp;lebih&nbsp;baik.Penelitian ini meggunakan teori komunikasi khususnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya peran Pendidikan jasmani dan olahrag pada personal pendidikan jasmani di Indonesia,untuk dapat mengeksplorasi proses peran pedidikan jasmani dan olahraga pada personal Pendidikan di Indonesia,metode penelitian ini kuatitatif.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Pendidikan jasmani,Olahraga,Personal</p> M. Riqyal Munadi.M.P, Abdul Gopur, M. Arjuna Widjayanto, Firhanul Insan Zinda, Burhan Hambali Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3621 Mon, 03 Jun 2024 19:59:27 +0700 DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKTIVITAS FISIK MAHASISWA https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3652 <p>Di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, pengaruh terhadap aktivitas fisik siswa semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak&nbsp; perkembangan teknologi informasi terhadap pola aktivitas fisik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka yang mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan. Studi ini menyoroti kompleksitas hubungan antara penggunaan teknologi informasi dan tingkat aktivitas fisik siswa. Kemajuan teknologi informasi telah terbukti mengakibatkan penurunan aktivitas fisik, dengan lebih banyak siswa bermain game online dan berkurangnya aktivitas fisik di dalam dan di luar kampus. Oleh karena itu, penting untuk memahami secara pasti bagaimana teknologi informasi berdampak pada aktivitas fisik siswa dan peran penting pendidikan jasmani dalam menjaga kesehatan fisik dan mental siswa. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan perlu mendapat perhatian agar dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan peserta didik secara keseluruhan.</p> <p><strong>&nbsp;Kata Kunci:</strong> <em>Teknologi Informasi, Aktivitas Fisik, Mahasiswa, Dampak, Pendidikan Jasmani</em></p> Salza Yuli Annisa Juana, Hanum gayatri, Paisal Abdullatip, Devon Adam Fachrezi, Alfi Wahyudi, Dimas Satria Permana, Beltasar Tarigan Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3652 Fri, 07 Jun 2024 08:27:13 +0700 PENGARUH PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP LIFE SKILLS https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3673 <p><span class="s38"><span class="bumpedFont15">Pendidikan </span></span><span class="s38"><span class="bumpedFont15">jasmani</span></span> <span class="s38"><span class="bumpedFont15">dapat</span></span> <span class="s38"><span class="bumpedFont15">menjadi</span></span> <span class="s38"><span class="bumpedFont15">wadah</span></span><span class="s38"><span class="bumpedFont15"> yang ideal </span></span><span class="s38"><span class="bumpedFont15">untuk</span></span><span class="s38"><span class="bumpedFont15">mengembangkan</span></span> <span class="s38"><span class="bumpedFont15">kecakapan</span></span> <span class="s38"><span class="bumpedFont15">hidup</span></span><span class="s38"><span class="bumpedFont15">.</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">Penelitian</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">ini</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">menggunakan</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">metode</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15"> systematic literature review, yang </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">merupakan</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">pendekatan</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">untuk</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">mengidentifikasi</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">, </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">menilai</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">, dan </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">menginterpretasi</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">seluruh</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">kajian</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">terkait</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">dengan</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">persoalan</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">, </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">topik</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">, </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">atau</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">fenomena</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">penelitian</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">.</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">Pengembangan</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">Keterampilan</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15"> Sosial Pendidikan </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">jasmani</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">mendorong</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">interaksi</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">sosial</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15"> yang </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">positif</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">melalui</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">kegiatan</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">kelompok</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15"> dan </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">olahraga</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">tim.</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15"> Dalam </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">konteks</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">ini</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">, </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">siswa</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">belajar</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">untuk</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">bekerja</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">sama</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">, </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">berkomunikasi</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">efektif</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">, dan </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">menghargai</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">kontribusi</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15"> orang lain. Ini sangat </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">penting</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">dalam</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">membangun</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">keterampilan</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">seperti</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">kolaborasi</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">, </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">empati</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">, dan </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">kemampuan</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">untuk</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">menyelesaikan</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">konflik</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">secara</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">konstruktif</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">. </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">Pengelolaan</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15"> Emosi dan </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">Stres</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">Aktivitas</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">fisik</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15"> yang </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">terstruktur</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">membantu</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">siswa</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">dalam</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">mengelola</span></span> <span class="s43"><span class="bumpedFont15">emosi</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15"> dan </span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">stres</span></span><span class="s43"><span class="bumpedFont15">.</span></span></p> Bintang Ananda Megantara, Fatma Muthia Thazqia, Zahir Abdul Wahid, Rochman Pribadi, Ageng Ghassana Mentari, Aulia Sabta Rahmah, Beltasar Tarigan Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3673 Fri, 07 Jun 2024 15:08:34 +0700 PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR KELAS BAWAH https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3661 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam membantu anak sekolah dasar di kelas rendah dalam belajar. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi, penyampaian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan sebagai pendukung pembelajaran dengan bertindak sebagai mentor, penghubung antara guru dan anak, dan penyedia layanan pendukung. Selain itu, ada beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti orang tua yang tidak memahami materi pembelajaran dan kecenderungan anak untuk menurunkan motivasinya. Oleh karena itu, orang tua berusaha mencari berbagai sumber untuk mendorong anak dan meningkatkan pemahaman mereka.</p> Arif Rohman Hakim, Kodrad Budiyono, Agustanico Dwi Muryadi, Rima Febrianti, Karlina Dwijayanti, Aan Budi Santoso Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3661 Wed, 03 Jul 2024 12:17:35 +0700 STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3611 <p>Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) adalah mata pelajaran kurikulum untuk SD, SMP, dan SMA yang menitik beratkan pada penerapan ilmu yang telah dipelajari melalui aktivitas jasmani. Pembelajaran Aktif merupakan strategi pembelajaran aktif dan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pengajaran. Partisipasi Aktif melibatkan siswa dalam kerja kelompok, diskusi, dan interaksi sosial, memungkinkan mereka untuk belajar bekerja. Penelitian ini menggunakan <em>metode systematic literature review (SLR)</em> untuk mengumpulkan dan menganalisis literatur yang relevan tentang Strategi Pembelajaran Aktif untuk meningkatkan Partisipasi Siswa dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Penelitian ini menggunakan artikel Google Scholar dan jurnal yang dikutip sebagai referensi. Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament, di sekolah dasar Jepang dapat meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan pendidikan Jepang dengan memasukkan metode pengajaran yang inovatif, termasuk praktik pedagogis, pembelajaran holistik, hubungan emosional, dan lingkungan yang mendukung. Studi ini juga menemukan bahwa penggunaan berbagai strategi pembelajaran kooperatif, seperti STAD, Jigsaw, dan TGT, dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan rounders. Dalam pendidikan jasmani dan olahraga, strategi tersebut dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkuat pemahaman konsep-konsep yang diajarkan. Contohnya termasuk diskusi kelompok, permainan simulasi, dan proyek kolaboratif. Dengan memberikan pengalaman langsung dan interaktif, siswa lebih cenderung terlibat dan mempertahankan informasi dengan lebih baik. Hal ini dapat memotivasi siswa untuk belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran mereka secara keseluruhan.</p> Irgi Iksan Mulyana, Hilma Shofiyah, Dani Komara, Burhan Hambali Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3611 Wed, 03 Jul 2024 12:23:48 +0700 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN DENGAN HASIL SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3584 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model latihan servis&nbsp;atas terhadap hasil servis atas&nbsp;atas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy exsperiment, dengan menggunakan desain penelitian pretest dan posttest one group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 33&nbsp;orang. Instrumen penelitian ini adalah tes servis atas&nbsp;atas 60 detik. Hasil penelitian dalam penelitian ini mengggunakan analisis data uji hipotesis dengan perhitungan statistik uji t, bahwa model latihan servis atas&nbsp;atas&nbsp;terhadapat hasil servis atas&nbsp;atas bola voli. Dengan taraf signifikasi ?= 0,05, hipotesis diterima H1 jika thitung &gt; ttabel (1-?), data yang diperoleh adalah thitung (2.704) &gt; ttabel (0.26) artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, model latihan servis atas&nbsp;memiliki pengaruh terhadap hasil servis atas. Penelitian ini diharapkan digunakan sebagai salah satu betuk latihan yang digunakan untuk meningkatkan servis atas&nbsp;bola voli.</p> <p><strong>Katakunci</strong>: model latihan servis atas, Bola Voli.</p> Jasmani, Muchhamad Sholeh, Joko Sulistyono, Satrio Sakti Rumpoko, Risa Agus Teguh Wibowo, Novendika Singgih P Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/3584 Wed, 03 Jul 2024 12:33:45 +0700 TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/4094 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VI SD Muhammadiyah 5 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah non eksperimen. Jenis penelitan ini yaitu penelitian kuantitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswa kelas VI SD Muhammadiyah 5 Surakarta. Sebelum melakukan proses pengambilan data, peneliti melakukan observasi ke sekolah sehingga ditemukannya masalah tersebut. Proses pengambilan data dilakukan dalam satu hari dengan rangkaian tes sesuai dengan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) yaitu lari 40 meter, gantung angkat tubuh, baring duduk, loncat tegak, dan lari 600 meter. Hasil dari penelitian ini adalah Siswa yang termasuk kriteria Baik Sekali memiliki presentase sebesar 3% dengan jumlah 1 siswa, kriteria Baik memiliki presentase sebesar 33% dengan jumlah siswa 10, kriteria Sedang memiliki presentase sebesar 57% dengan jumlah 17 siswa, kriteria Kurang memiliki presentase sebesar 6% dengan jumlah 2 siswa, dan kriteria Kurang Sekali dengan presentase sebesar 0% dengan jumlah 0 siswa, sehingga siswa kelas VI SD Muhammadiyah 5 Surakarta memiliki tingkat kebugaran jasmani dengan kriteria Sedang yaitu dengan nilai rata-rata 17,23.</p> Ardya Resti Prasasti Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit https://ejournal.utp.ac.id./index.php/JIS/article/view/4094 Tue, 03 Sep 2024 10:16:08 +0700