PENGARUH PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) DAN METODE LATIHAN DRILL TERHADAP KETERAMPILAN BULUTANGKIS PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hasil keterampilan bulutangkis dengan pendekatan VAK pada UKM UNS Surakarta Tahun akademik 2017/2018; (2)Untuk mengetahui hasil keterampilan bulutangkis dengan metode Latihan Drill pada UKM UNS Surakarta Tahun akademik 2017/2018 Tahun akademik 2017/2018; (3) Untuk mengetahui manakah yang lebih baik pengaruhnya antara Pendekatan VAK dan Latihan Drill pada UKM UNS Surakarta Tahun akademik 2017/2018 Tahun akademik 2017/2018.
Populasi penelitian ini adalah keseluruhan UKM UNS Surakarta Tahun akademik 2017/2018 Tahun 2017 berjumlah 20 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksprimen. Pengumpulan Data melalui instrument bulutangkis. Tehnik analisis data T score, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan.
Hasil analisis data diperoleh kesimpulan: 1. Pendekatan VAK ( Visual , Auditori dan Kinestetik) dapat meningkatkan hasil keterampilan lob, servis dan smash bulutangkis pada unit kegiatan mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun akademik 2017/2018. 2. Metode latihan drill dapat meningkatkan dapat meningkatkan hasil keterampilan lob, servis dan smash bulutangkis pada unit kegiatan mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun akademik 2017/2018. 3. Metode latihan drill lebih baik dibandingkan dengan metode Pendekatan VAK terhadap hasil keterampilan lob, servis dan smash bulutangkis pada Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun akademik 2017/2018 dibuktikan dengan peningkatan masing-masing keterampilan bulutangkis pada metode latihan drill lebih tinggi dibandingkan pendekatan VAK.
Â