PENATALAKSANAAN PEMBELAJARAN/LATIHAN FISIK BAGI ANAK USIA DINI/SEKOLAH DASAR (Guru/Pelatih sebagai Perancang Program)

  • Nuruddin Priya Budi Santosa

Abstract

Pada dasarnya tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pembelajaran dan latihan fisik bagi yang disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dalam menyusun program pembelajaran/pelatihan fisik harus mempertimbangkan komponen-komponen (1) tujuan, (2) tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak, (3) komponen fisik, dan (4) metode (disesuaikan dengan dunia anak).

Guru/pelatih sebagai perencana program pembelajaran/pelatihan harus mempersiapkan strategi belajar yang tepat. Strategi pembelajaran gerak merupakan semua daya upaya dan siasat yang dilakukan oleh guru agar tujuan pembelajaran gerak bisa dicapai secara maksimal. Strategi yang dilakukanoleh guru harus mempertimbangkan (1) urutan materi pengajaran, (2) waktu latihan, (3) lingkungan belajar, dan (4) metode latihan.

Author Biography

Nuruddin Priya Budi Santosa
FKIP-POK UTP SKA
Published
2012-06-06
How to Cite
Budi Santosa, N. P. (2012). PENATALAKSANAAN PEMBELAJARAN/LATIHAN FISIK BAGI ANAK USIA DINI/SEKOLAH DASAR (Guru/Pelatih sebagai Perancang Program). Jurnal Ilmiah Spirit, 11(1). https://doi.org/10.36728/jis.v11i1.42