PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KINERJA SIA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PT. POS INDONESIA YOGYAKARTA
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja sistem informasi akuntansi dapat mempengaruhi kepuasan pengguna. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, Â pengaruh kinerja sistem informasi akuntansi, serta pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja sistem informasi akuntansi terhadap kepuasan pengguna.
Metode pengumpulan data menggunakan metode penelitian lapangan meliputi wawancara dan kuesioner dengan metode analisis secara kuantitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini regresi linier berganda. Asumsi klasik  dan uji statistik. Responden penelitian ini adalah pegawai Kantor Pos Cabang Yogyakarta. Penelitian sampel dengan menggunakan rumus dari Tabachnick dan Fidell (Setabasri, 2011) dengan jumlah populasi sebanyak 120.
Pengolahan data dengan mengunakan program SPSS versi 17.
Dari uji t dengan tingkat kepercayaan 95% (α=5%), didapatkan nilai ttabel sebesar 1,984. Nilai t hitung variabel Pemanfaatan TI (X1) sebesar 5,529 > t tabel (1,984) artinya ada pengaruh signifikan pemanfaatan TI (X1) terhadap kepuasan pengguna dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05. Nilai t hitung variabel kinerja SIA (X2) sebesar 2,636 > t tabel (1,984) artinya ada pengaruh signifikan kinerja SIA  (X2) terhadap kepuasan pengguna dengan nilai signifikansi 0,011 <0,05. Variabel pemanfaatan teknologi informasi memiliki pengaruh lebih dominan dengan nilai thitung sebesar 5,529 lebih besar daripada nilai thitung variable kinerja SIA.
Nilai Fhitung sebesar 66,854 dengan signifikansi 0,000< 0,05 artinya pemanfaatan teknologi informasi (X1) dan kinerja SIA (X2) yang terdiri dari Keterlibatan Pengguna, Dukungan Top Manajemen, Formalisasi Pengembangan SI, Pelatihan dan Pendidikan Pengguna, Komite Pengendalian SI, Lokasi Departemen SI, dan Kematangan teknologi informasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pengguna (Y).
Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,673  (67,3%) artinya variabel pemanfaatan TI dan kinerja SIA mampu mempengaruhi variabel kepuasan pengguna secara signifikan, sisanya 100 % - 67,3% = 22,7% dipengaruhi variabel-variabel lain diluar penelitian.
Â