PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK GAME BASE LEARNING (THE MARINA DANCE) UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA MADRASAH JA-ALHAQ KOTA BENGKULU

  • Adif Jawadi Saputra Universitas Bengkulu
  • Rita Sinthia Universitas Bengkulu
  • Arsyadani Misbahuddin Universitas Bengkulu
  • Erwin Aryanto Universitas Bengkulu
  • Liza Qonaah Universitas Bengkulu
  • Firda Dwi Fiola Universitas Bengkulu

Abstract

Pemberian layanan informasi dengan menggunakan permainan the marina dance untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa ini dilakukan karena adanya keluhan dari beberapa guru yang mengatakan bahwa terdapat siswa yang tidak konsentrasi dalam belajar. Bimbingan dan konseling memberikan pelayanan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan menggunakan game based learning sehingga pelayanan menarik dan materi konsentrasi belajar pun dapat diterima oleh siswa, sehingga diharapkan konsentrasi belajar siswa meningkat. Dengan game based learning, membuat siswa senang dan menikmati, akan tetapi tidak menghilangkan esensi dari materi yang diberikan. Hasil pengabdian membuktikan bahwa sebelum diberi layanan informasi, konsentrasi siswa berada pada tinggat rendah dan setelah diberi pelayanan membuat konsentrasi siswa berada pada kategori tinggi. Hendaknya konsentrasi belajar ini tidak hanya ketika pelaksanaan layanan saja, akan tetapi terus dibawa kepada mata pelajaran lain. Selain itu, ketika disela-sela belajar dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa.

References

Andriana, E., Rokmanah, S., & Aprilia, L. (2023). Analisis tingkat konsentrasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di sd negeri tembong 2. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 1-5. DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.1-5

Caesarridha, D. K. (2021). Hubungan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran di masa pandemi COVID-19. Jurnal Medika Hutama, 2(04 Juli), 1213-1217.

Habibah, I. L. (2024). Telaah Konsep Pembelajar Sepanjang Hayat Dari Sudut Pandang Al-Quran Dan Merdeka Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(1), 78-87. Doi: https://doi.org/10.58788/jipi.v3i1.4199

Hartini, A. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN Nusa Indah Kabupaten Tanah Laut. EduCurio: Education Curiosity, 1(1), 7-13.

Margiathi, S. A., Lerian, O., Wulandari, R., Putri, N. D., & Musyadad, V. F. (2023). Dampak Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Primary Edu, 1(1), 61-68.

Tanjung, N. H. (2023). Peran Layanan Informasi Dalam Mengatasi Stres Akademik Siswa Di Mas Al Asy’Ariyah Medan Krio. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 53-60. DOI: https://doi.org/10.56832/pema.v3i2.353

Published
2025-01-02