PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DI SMPN 05 MUARA BADAK MELALUI PRAKTIK MEMBACA
Abstract
Kemampuan membaca merupakan aspek penting dalam penguasaan bahasa Inggris yang perlu dikembangkan secara optimal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa di SMPN 05 Muara Badak. Metode yang digunakan antara lain observasi langsung dan juga berbasis aktivitas interaktif, penggunaan media pembelajaran power point yang menarik. Program ini dilaksanakan dalam satu hari dengan melibatkan 25 siswa kelas 9 di SMPN 05 Muara Badak sebagai peserta. Evaluasi keberhasilan program dilakukan melalui praktik kemampuan membaca yang diadakan serta melalui latihan soal yang diikuti oleh siswa. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan dalam kemampuan membaca siswa sebesar 75%. Selain itu, program ini juga mendapatkan respons positif dari siswa yang menyatakan bahwa metode pengajaran yang digunakan efektif dan menyenangkan. Dengan demikian, program pengabdian masyarakat ini berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa kelas 9 di SMPN 05 Muara Badak dan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pendidikan di daerah tersebut.
References
Goeyardi, W. (2022). Penerapan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Kuliah Berbicara Lanjutan 2 Mahasiswa Sastra Cina, FIB UB. Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(3), 191–200.
Handayani, D., Safitri, W., Susyla, D., & Angraini, R. (2023). Mengembangkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik SDN 58 Kota Bengkulu Melalui Metode Pembelajaran yang Menyenangkan. Communnity Development Journal, 4(5), 11272–11276.
Herlina. (2016). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Melalui Metode SQ4R. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 11(1), 29–35.
Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta Edisi: 50.
Magdalena, I., Annisa, M. N, Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.
Mare, F. J., & Arif, U. Q. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Phonemic Awarennes. Journal of Human and Education, 4(2), 173–178.
Rustono, W.S. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran Membaca dan Tingkat Kecerdasan Terhadap Kemampuan Pemahaman Bacaan (Studi Eksperimen di SDN Dadaha I). Jurnal Saung Guru, 1(2), 12–27.
Sudrajat, Y., & Atmapratiwi, H. (2021). Pelatihan Penggunaan Blended Learning Melalui Model Flipped Classroom. Abdimas, 25(1), 17–21.
Susanty, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Memahami Teks Bahasa Inggris Melalui Teknik Skimming-Scanning pada Mahasiswa STIT RU Semester II 2017/2018. Raudhah Proud to be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 43–54.
Ulum, N. (2017). Penyusunan Lesson Plan Berbasis Multipleintellegences Research Studi Atas Karya Munif Chatib. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 7(1), 37-59.
Copyright (c) 2025 Satzy Auliyannisa, Agmi Sinta Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).