PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DI SMPN 05 MUARA BADAK MELALUI PRAKTIK MEMBACA

  • Satzy Auliyannisa Universitas Mulawarman
  • Agmi Sinta Putri Universitas Mulawarman

Abstract

Kemampuan membaca merupakan aspek penting dalam penguasaan bahasa Inggris yang perlu dikembangkan secara optimal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa di SMPN 05 Muara Badak. Metode yang digunakan antara lain observasi langsung dan juga berbasis aktivitas interaktif, penggunaan media pembelajaran power point yang menarik. Program ini dilaksanakan dalam satu hari dengan melibatkan 25 siswa kelas 9 di SMPN 05 Muara Badak sebagai peserta. Evaluasi keberhasilan program dilakukan melalui praktik kemampuan membaca yang diadakan serta melalui latihan soal yang diikuti oleh siswa. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan dalam kemampuan membaca siswa sebesar 75%. Selain itu, program ini juga mendapatkan respons positif dari siswa yang menyatakan bahwa metode pengajaran yang digunakan efektif dan menyenangkan. Dengan demikian, program pengabdian masyarakat ini berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa kelas 9 di SMPN 05 Muara Badak dan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pendidikan di daerah tersebut.

References

Goeyardi, W. (2022). Penerapan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Kuliah Berbicara Lanjutan 2 Mahasiswa Sastra Cina, FIB UB. Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(3), 191–200.

Handayani, D., Safitri, W., Susyla, D., & Angraini, R. (2023). Mengembangkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik SDN 58 Kota Bengkulu Melalui Metode Pembelajaran yang Menyenangkan. Communnity Development Journal, 4(5), 11272–11276.

Herlina. (2016). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Melalui Metode SQ4R. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 11(1), 29–35.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta Edisi: 50.

Magdalena, I., Annisa, M. N, Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.

Mare, F. J., & Arif, U. Q. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Phonemic Awarennes. Journal of Human and Education, 4(2), 173–178.

Rustono, W.S. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran Membaca dan Tingkat Kecerdasan Terhadap Kemampuan Pemahaman Bacaan (Studi Eksperimen di SDN Dadaha I). Jurnal Saung Guru, 1(2), 12–27.

Sudrajat, Y., & Atmapratiwi, H. (2021). Pelatihan Penggunaan Blended Learning Melalui Model Flipped Classroom. Abdimas, 25(1), 17–21.

Susanty, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Memahami Teks Bahasa Inggris Melalui Teknik Skimming-Scanning pada Mahasiswa STIT RU Semester II 2017/2018. Raudhah Proud to be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 43–54.

Ulum, N. (2017). Penyusunan Lesson Plan Berbasis Multipleintellegences Research Studi Atas Karya Munif Chatib. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 7(1), 37-59.

Published
2025-01-01