EDUKASI DAN PRAKTIK PEMBUATAN JAJANAN SEHAT PADA WALI SISWA TKIT HARUM KEPUTIH SURABAYA
Abstract
Usia anak sekolah adalah usia emas yang mejadi bibit yang menentukan bagi masa depan bangsa, oleh sebab itu pada anak sekolah dasar khususnya harus diberikan pemahaman kepada anak dan orang tua agar tidak menyebabkan atau mengalami asupan gizi yang kurang dan seimbang pada usia sekolah. Konsumsi makanan jajanan pada usia anak sekolah merupakan suatu kebiasaan yang hampir terjadi diseluruh dunia. Analisis situasi yang dilakukan didapatkan bahwa permasalah konsumsi jajanan yang kurang sehat masih dijumpai di mitra pengabdian masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan adalah (1) edukasi dengan materi makanan sehat dan makanan tidak sehat,serta potensi bahaya apa saja yang bisa timbul jika berlebihan dalam konsumsi makanan tidak sehat khususnya bagi anak-anak (2) pelatihan pembuatan camilan sehat dengan memanfaatkan bahan pangan lokal. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di TKIT Harum, Keputih, Surabaya dengan pemberian materi edukasi dapat meningkatkan pemahaman mitra terkait konsep makanan sehat, aman, dan bergizi untuk anak. Tanggapan mitra dalam hal ini adalah ibu wali siswa terhadap program yang dilaksanakan sangat baik
References
Amira, K.A. and Stefania, W.S. (2021) ‘Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Sekolah Dasar Dalam Pemilihan Jajanan Sehat: Literature Review’, Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal), 16(2), pp. 130–138. Available at: https://doi.org/10.204736/mgi.v16i2.130-138.
Castelo-Branco, C. and Soveral, I. (2014) ‘The immune system and aging: A review’, Gynecological Endocrinology, 30(1), pp. 16–22. Available at: https://doi.org/10.3109/09513590.2013.852531.
Garrido, J.I., Lozano, J.E. and Genovese, D.B. (2015) ‘Effect of formulation variables on rheology, texture, colour, and acceptability of apple jelly: MODELLING and optimization’, Lwt, 62(1), pp. 325–332. Available at: https://doi.org/10.1016/j.lwt.2014.07.010.
Kalmpourtzidou, A., Eilander, A. and Talsma, E.F. (2020) ‘Global vegetable intake and supply compared to recommendations: A systematic review’, Nutrients, 12(6), pp. 22–29. Available at: https://doi.org/10.3390/nu12061558.
Kartasasmita, G. (1996) Pembangunan untuk rakyat?: memadukan pertumbuhan dan pemerataan. Jakarta: Cides.
Micha, R. et al. (2018) ‘Effectiveness of school food environment policies on children’s dietary behaviors: A systematic review and meta-analysis’, PLoS ONE, 13(3), pp. 1–27. Available at: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0194555.
Muzakar, Sihite, N.W. and Sadiq, A. (2022) ‘Produksi Infused Water Berbahan Dasar Seledri untuk Para Penderita Hipertensi’, Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 10(2), pp. 145–155. Available at: https://doi.org/10.18196/berdikari.v10i2.13271.
Nurbiyati, T. and Wibowo, A.H. (2014) ‘Pentingnya Memilih Jajanan Sehat Demi Kesehatan Anak’, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 3(3), pp. 192–196. Available at: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/7832.
Octaviana, M.N. and Purwitaningtyas, R.Y. (2019) ‘Pelatihan dan Pemberdayaan Wali Siswa dalam Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan Status Gizi Pada Anak’, Warta Pengabdian, 13(1), p. 36. Available at: https://doi.org/10.19184/wrtp.v13i1.9835.
Pratiwi et al. (2011) ‘Peningkatan Kualitas Desain dan Manajemen Kerajinan Ukir Batu di Gunung Kidul untuk Meningkatkan Pasar Ekspor’, Jagadhita, 1(2), pp. 1–10.
Saptari, R. and Holzner, B. (1997) Perempuan kerja dan perubahan sosial?: sebuah pengantar studi perempuan. Edited by G. Winarno and Ready S. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Surbhi S, Verma RC, Deepak R, Jain HK, Y.K. (2018) ‘A Review: Food, Chemical Composition and Utilization Of Carrot (Daucus carota L.) Pomace’, International Journal of Chemical Studies, 6(3), pp. 2921–2926.
Wethington, H.R. et al. (2020) ‘Healthier Food and Beverage Interventions in Schools: Four Community Guide Systematic Reviews’, American Journal of Preventive Medicine, 59(1), pp. e15–e26. Available at: https://doi.org/10.1016/j.amepre.2020.01.011.
Copyright (c) 2025 Viera Nu'riza Pratiwi, Anugrah Linda Mutiarani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).