STRATEGI GURU MENGATASI ANAK HIPERAKTIF DI TK
Abstract
Anak hiperaktif ialah anak yang mengalami gangguan tingkah laku yang ditandai dengan tidak mampunya fokus dalam mengikuti kegiatan atau pembelajaran, tidak bisa duduk dengan tenang dan sering menganggu teman. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menangani anak hiperaktif di TK Negeri Luksagu kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Jenis pengabdian ini adalah pengabdian lapangan yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dilokasi pengabdian. Pengabdian ini termasuk pengabdian kualitatif. Objek dari pengabdian ini adalah guru dan kepala sekolah. Untuk memperoleh data dalam pengabdian, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengabdian yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi guru dalam menangani anak hiperaktif di TK Negeri Luksagu Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan, hal itu meliputi: (1) Perilaku anak hiperaktif. Berlari dan berteriak, Bergerak cepat hingga menabrak, Bicara terus menerus, Sering mengganggu orang lain, Kesulitan untuk fokus dan duduk diam pada saat belajar. (2) Strategi guru dalam menangani anak hiperaktif. Memberi perhatian khusus kepada anak-anak yang mengalami hiperaktif, Menawarkan kegiatan dengan teman (kegiatan kelompok), Fokuskan kembali perhatian anak, Memberi reward pada saat proses pembelajaran, Menjalin komunikasi dengan orang tua.