EDUKASI UMKM PENTINGNYA BRANDING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING

  • Atik Lusia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Susilaningtyas Budiana Kurniawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Rini Adiyani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Syahriar Abdullah Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Istinganah Eni Maryanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Farid Nurahman Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Keywords: digitalization; social media; branding; entrepreneurship; MSMEs

Abstract

Perkembangan UMKM menuju digitalisasi saat ini kian meningkat dan lebih sadar dengan kemajuan teknologi
untuk mendukung peningkatan bisnisnya. Pemanfaatan media social diperlukan bagi setiap UMKM agar
mampu bersaing di era teknologi ini. Pemanfaatan media social dapat digunakan sebagai media penyebaran
informasi, promosi, serta membuat konsumen memiliki minat untuk kembali berkunjung ke UMKM tsb.
Pelaksanaan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap
UMKM tentang aspek-aspek penting branding yang digunakan untuk meningkatkan daya saing UMKM
dengan cara melalui media sosial dan layout tempat usaha pada bisnis. Kegiatan ini bertempat di UMKM
Seblak Nyonyor Desa Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan yang dilakukan dengan
menggunakan bebarapa tahapan berupa survei dan perencanaan, pelaksanaan atau eksekusi lapangan
serta tahap akhir berupa monitoring dan evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan PKM berupa pemanfaatan
media sosial oleh UMKM sebagai media promosi dan informasi menjadi lebih aktif serta desain tata letak
ruangan yang lebih efisien dan nyaman bagi konsumen. Setiap UMKM sebaiknya menerapkan kegiatan
seperti menggunakan media social dan aktif dalam membuat konten agar mampu bersaing dengan UMKM
lain di era digitalisasi ini serta melakukan efisiensi tempat UMKM menjadi lebih menarik bagi konsumen.

Published
2024-12-27