MENINGKATKAN KUALITAS UMKM DAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI TAKALAR MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF DAN DIGITALISASI

  • M. Ramli AT Universitas Hasanuddin
  • Andi Nurlela Universitas Hasanuddin
  • Ria Renita Abbas Universitas Hasanuddin
  • Musrayani Usman Universitas Hasanuddin
  • Hariashari Rahim Universitas Hasanuddin
  • Novia Fridayanti Universitas Hasanuddin
Keywords: Pariwisata, Pariwisata Berkelanjutan, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat “Peningkatan Kualitas UMKM dan Pariwisata Berkelanjutan di Takalar melalui Pendekatan Partisipatif dan Digitalisasi” dilaksanakan di Pantai Topejawa dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat dalam mengelola potensi wisata dan ekonomi lokal secara berkelanjutan. Dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), kegiatan ini melibatkan 30 orang peserta yang terdiri dari pelaku UMKM, pengelola wisata, tokoh masyarakat, dan perwakilan pemerintah setempat. Kegiatan ini juga berhasil mendorong terbentuknya dan menguatnya Kelompok Sadar Wisata sebagai wadah masyarakat dalam mengelola destinasi wisata. Sebanyak 25 dari 30 peserta menunjukkan pemahaman yang baik tentang pentingnya pelestarian lingkungan dalam pengelolaan pariwisata berkelanjutan. Keberhasilan program ini dapat dilihat dari meningkatnya kapasitas masyarakat dalam mengelola destinasi wisata secara mandiri dan profesional, serta kemampuan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pasar. Namun, tantangan yang masih perlu diatasi adalah memastikan keberlanjutan pemanfaatan teknologi digital oleh UMKM dan menjaga konsistensi kinerja Pokdarwis dalam mengelola destinasi wisata. Program ini membuktikan bahwa pendekatan partisipatif dalam pengembangan pariwisata dan UMKM dapat menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus melestarikan lingkungan dan budaya lokal di Kabupaten Takalar.

Published
2024-12-13