Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Pelajar IPA Kelas V SD Negeri Malang Jiwan 3 Colomadu 2018/2019
Abstract
Peningakatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran jigsaw pada pelajaran IPA Kelas V SDN malangjiwan 3 colomadu. Penelitian. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. Februari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peningakatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran jigsaw pada pelajaran IPA Kelas V SDN malangjiwan 3 colomadu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model PTK. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yaitu dengan melaksanakan tindakan pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan tabel diatas dapat diketahui peningkatan hasil akhir belajar siswa yaitu dari 9 siswa yang lulus menjadi 21 siswa lulus, 15 siswa yang tidak lulus menjadi 3 siswa saja yang tidak lulus.
.
Kata kunci: model jigsaw, hasil belajar ,IPA GAYA