PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN METODE PASSING BAWAH PROGRESIF DAN REPETITIF TERHADAP PENINGKATAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI SISWA SDN 1 GEDONG NGADIROJO WONOGIRI 2024
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Latihan MetodePassing Bawah Progresif Dan Pasing Bawah Repetitif Terhadap Peningkatan Ketrampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Siswa Ekstrakulikuler SDN 1 Gedong Ngadirojo Wonogiri Tahun 2024, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Latihan MetodePassing Bawah Progresif Dan Pasing Bawah Repetitif Terhadap Peningkatan Ketrampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Siswa Ekstrakulikuler SDN 1 Gedong Ngadirojo Wonogiri Tahun 2024. Sampel penelitian adalah Pada siswa ekstrakulikuler SDN 1 Gedong Ngadirojo Wonogiri dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil keterampilan passing bawah dengan latihan passing bawah progresif dan menggunakan metode passing bawah repetitif sebagai variabel bebas serta hasil keterampilan passing bawah variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui keterampilan passing bawahmenggunakan tes keterampilan passing bawah menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Nur Hasan (2001: 157). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek. Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara menggunakan metode passing bawah progresif dan menggunakan metodepassing bawah repetitif terhadap hasil keterampilan passing bawah dalam permainan bolavoli pada siswa ekstrakulikuler SDN 1 Gedong Ngadirojo Wonogiri Tahun 2024. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.231 lebih besar dari pada ttabel = 2,145dengan taraf signifikasi 5%. (2) Metode passing bawah repetitif lebih baik pengaruhnya dari pada metode passing bawah progresif terhadap hasil keterampilan passing bawah dalam permainan bolavoli pada siswa ekstrakulikuler SDN 1 Gedong Ngadirojo Wonogiri Tahun 2024. Berdasarkan persentase hasil keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode passing bawah progresif) adalah 18.304%< kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan menggunakan metode passing bawah repetitif) adalah 23.005%.