PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN AUDIO VISUAL DAN LATIHAN VARIASI DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA ATLET PUTRA USIA 14 – 16 TAHUN KLUB JUNIOR SOCCER ACADEMY SUKOHARJO TAHUN 2021
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan visual terhadap keterampilan teknik dasar dribbling langsung dalam permainan sepakbola pada atlet putra usia 14-16 tahun di Klub Junior Soccer Academy Sukoharjo tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian experimen. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-testdan post test group. Data yang tekumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji reliabilitas, uji prasyarat analisis dan uji perbedaan. Populasi penelitian ini adalah atlet putrausia14–16 tahun di Klub Junior Soccer Academy Sukoharjo tahun 2021 yang berjumlah 105 orang atlet dan sampel yang digunakan adalah 30 orang atlet. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.270lebih besar dari pada ttabel= 2,145dengan taraf signifikasi 5%.Metode latihan variasi lebih baik pengaruhnya dari pada metode latihan audio visual terhadap keterampilan teknik dasar dribbling langsung dalam permainan sepakbola pada atlet putra usia 14-16 tahun Club Junior Soccer Academy Sukoharjo tahun 2021. Berdasarkan prosentase kemampuan dribbling menunjukkan bahwa kelompok 1 adalah 3.05% > kelompok 2 adalah23.08%. Kesimpulan Ada perbedaan pengaruh metode latihan audio visual dan latihan variasi terhadap keterampilan teknik dasar dribbling langsung dalam permainan sepakbola pada atlet putra usia 14-16 tahun Club Junior Soccer Academy Sukoharjo tahun 2021.
Kata Kunci: Sepak Bola, Teknik Dribbling, Audio Visual.