EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAKBOLA DI AKADEMI TERANG BANGSA

  • Alvito Wahyu Ardana Universitas Negeri Semarang
  • Said Junaidi Universitas Negeri Semarang
Kata Kunci: Evaluasi Program, Program Pembinaan, Sepakbola

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembinaan prestasi sepak bola di Akademi Terang Bangsa Semarang dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Contexs, Input, Process, Product). Lokasi penelitian dilakukan di Akademi Terang Bangsa, dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data utama meliputi atlet, pelatih, dan pengurus akademi. Teknik analisis data yang digunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Contexs, struktur organisasi berjalan dengan baik. Input, masih terdapat kekurangan karena masalah pendanaan yang menjadi kendala utama, dimana akademi bergantung pada yayasan Terang Bangsa dan donasi dari gereja. Process, program latihan berjalan baik dengan penerapan kurikulum sepak bola Belanda yang telah disesuaikan. Secara keseluruhan. Product, prestasi yang telah diraih sudah baik, sebagaimana terlihat dari hasil dokumentasi yang ada. Simpulan faktor utama yaitu pendanaan merupakan faktor kunci yang memengaruhi aspek lain seperti perekrutan atlet. Oleh karena itu, Akademi Terang Bangsa perlu mencari sumber pendanaan tambahan, selain dari sumbangan dana gereja atau yayasan, untuk memastikan keberlanjutan dan pengembangan pembinaan prestasi. Saran pada penelitian ini perlu mencari tambahan sumber pendanaan selain dari sumbangan gereja dan yayasan, seperti bermitra dengan pemerintah daerah atau perusahaan, untuk memastikan keberlanjutan dan pengembangan fasilitas.

Referensi

Badaru, B. (2017). Latihan taktik BEYB bermain futsal modern. Cakrawala cendekia.

Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 351–370.

Covell, D., Walker, S., Hess, P., & Siciliano, J. (2012). Managing sports organizations. Routledge.

Gusniati, J., Jahera, J., Zulkifli, A., & Ananda, R. (2024). Standar Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dasar Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Yang Efektif. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 11(2), 572–582.

Hanafi, M., & Prastyana, B. R. (2020). Metodologi kepelatihan olahraga tahapan & penyusunan program latihan. Jakad Media Publishing.

Harsuki, H. (2012). Pengantar manajemen olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hidayat, W., & Rahayu, S. (2015). Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Sepakbola Klub Persibas Banyumas. Journal of Sport Science and Fitness, 4(2).

Ihsan, A., & Badaru, B. (2014). Sarana dan prasarana penjas dan olahraga. Makassar: Tim Pengajar Fik Unm.

Jumarin, M. A. B., Alfarisyi, M. Q., Widowati, A., & Hadinata, R. (2024). Pembinaan Manajemen Prestasi untuk Sekolah Sepakbola. JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 14(4), 207–215.

Mulyatiningsih, E. (2015). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Uny Press.

Muryadi, A. D. (2015). Evaluasi Program Pembinaan Sepakbola Klub Persijap Jepara. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2).

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Neta, Y. R., Natal, Y. R., & Wani, B. (2023). Evaluasi program pembinaan prestasi cabang olahraga futsal (studi pembinaan futsal di SMA Negeri 1 bajawa). Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 3(1), 19–27.

Nugraha, A. C. (2012). Mahir sepakbola. Nuansa Cendekia.

Nugroho, U. (2019). Manajemen olahraga prestasi dan rekreasi. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Rozy, A. F., & Widodo, A. (2024). Analisis Keterampilan Teknik Bermain Sepak Bola Pada Pertandingan Final Copa America Argentina Vs Colombia Tahun 2024. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 2(6), 115–130.

Saharullah, S. (n.d.). Evaluasi Sistem Pembinaan Olahraga Sepakbola.

Sanusi Hasibuan, I. A., & Hariyanto, E. (2009). Evaluasi Program Pembinaan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar di Kalimantan Timur, Riau, dan Sumatra Barat. Jakarta: Asisten Deputi IPTEK Olahraga, Deputi Peningkatan Prestasi Dan IPTEK Olahraga, Kemenpora RI.

Saputra, A. F. D., & Subagio, I. (2017). Manajemen Pembinaan Olahraga Prestasi KONI Kabupaten Tuban. Jurnal Prestasi Olahraga, 1(1), 2017.

Saputra, A., Muzaffar, A., Pd, S., & Satrio Fajar Baskoro, S. H. (2023). Sepakbola. PT Salim Media Indonesia.

Sin, T. H. (2017). Disiplin atlet dalam latihan. Sporta Saintika, 2(1), 240–251.

Stufflebeam, D. L. (2015). CIPP evaluation model checklist: A tool for applying the CIPP model to assess projects and programs. Western Michigan University Evaluation Center, 1–51.

Sudarsono, S. (2011). Penyusunan program pelatihan berbeban untuk meningkatkan kekuatan. Jurnal Ilmiah SPIRIT, 11(3).

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28(1), 12.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 134, 252.

Taufik, M. S., Iskandar, T., & Sungkawa, M. G. G. (2021). Manajemen Penjas. Penerbit Adab.

Tumaloto, E. H., Kadir, S. S., Ilham, A., & Syaputra, R. (2024). Evaluasi Program Latihan Fisik Atlet Tenis Meja. Jambura Health and Sport Journal, 6(2), 155–164.

Wicaksono, S. R. (n.d.). Evaluasi Program Pembinaan Prestasi.

Yuliastrid, D. (2021). Feminisme dalam Olahraga. Kajian Ilmu Keolahragaan Ditinjau Dari Filsafat Ilmu, 191.

Diterbitkan
2025-01-10
How to Cite
Alvito Wahyu Ardana, & Said Junaidi. (2025). EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAKBOLA DI AKADEMI TERANG BANGSA. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 11(1), 264-277. https://doi.org/10.36728/jip.v11i1.4074