PENGEMBANGAN MODIFIKASI LAPANGAN WOODBALL PORTABLE GATTING AREA SILAMPARI WOODBALL ACADEMY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modifikasi Lapangan Woodball Portable Gatting Area Silampari Woodball Academy. Metode penelitian yag digunakan ADDIE dengan lima langkah yaitu: (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket. Teknik analisis data menggunakan langkah analisis kevalidan 3 ahli, analisis kevalidan ahli media 86,5%, analisis kevalidan ahli bahasa 92,5% analisis kevalidan materi 87,5%, sehingga dengan apa yang didapat dari ketiga ahli, dapat disimpulkan media yang dikembangkan sangat valid, selanjutnya berdasarkan analisis angket kepraktisan dengan menguji atlet dengan uji one to one, small grup dan pelatih mendapatkan nilai 84,10% sehingga media yang dibuat sangat praktis, selanjutnya analisis ke efektifan dengan menguji 20 atlet Silampari Woodball Academy mendapat nilai 84,65% sehingga dikategorikan sangat efektif untuk digunakan.
References
Amin, A. K., Doewes, M., & Purnama, S. K. (2017). Pengembangan Prototipe Alat Bantu Latihan Mengayun Pada Cabang Olahraga Woodball Di Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1).
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.
Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21–27.
Dewi, P. C. P. (2016). Analisis Komponen Biomotorik Pada Olahraga Permainan Woodball. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(1), 81–87.
Dewi, P. C. P., & Sukadiyanto, S. (2015). Pengembangan tes keterampilan olahraga woodball untuk pemula. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 228–240.
Febrianti, R. (2013). Pengembangan Materi Atletik Melalui Permainan Atletik Three In One Untuk Siswa Sd Kelas V. Journal of Physical Education and Sports, 2(1).
Hartoto, M., Mulyono, D., & Syafutra, W. (2021). Pengembangan modul pembelajaran atletik berbantuan QR code. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 2(1), 51–60.
Nur, L., Sianturi, R., Giyartini, R., Pingon, L., Malik, A. A., & Nilan, F. (2023). Pengembangan dan Pembinaan Olahraga Cabang Olahraga Woodball di Kota Tasikmalaya. Jurnal Abdidas, 4(5), 426–433.
Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Perdana, R. P. (2021). Modifikasi Alat Latihan Menendang (Shooting) Dalam Permainan Sepak Bola. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 4(01), 57–68.
Sari, S. R. (2018). Pengembangan buku permainan woodball untuk ekstrakurikuler SMK Muhammadiyah Tujuh Gondanglegi Kabupaten Malang. Universitas Negeri Malang.
Saryono, A. R. (2012). Modifikasi stik dalam permainan woodball untuk pembelajaran target games. Jurnal Health and Sport, 5(01).
Susanto, D. A., Herlambang, T., & Kresnapati, P. (2022). Pengembangan permainan woodball: Model alternatif pembelajaran pendidikan jasmani pada permainan bola kecil. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 3(1), 77–84.
Syafutra, W., Fauzia, E., & Remora, H. (2022). Pengembangan Buku Latihan Woodball Berbantuan Quick Response Code pada Atlet Woodball Kabupaten Musi Rawas. Journal of Educational Analytics, 1(2), 141–154.
Wahid, A., & Winarno, I. S. C. W. (2022). Pengembangan Model Mallet Woodball untuk Pemula. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1), 166–175.
Wulan, I. (2023). Manajemen Pembinaan Cabang Olahraga Woodball Lampung.