PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN WAKTU PEMBELAJARAN PJOK DI SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan tingkat kebugaran jasmani siswa yang bersekolah di sekolah pada waktu PJOK yang berbeda tersebut serta mengetahui apakah terdapat perbedaan dari ketiga waktu yaitu pagi saja, siang saja dan pergantian pagi-siang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain comparative research (perbandingan). Sampel penelitian adalah peserta didik kelas IV berjumlah 189. Teknik sampling menggunakan Purposive Random Sampling, dengan instrumen penelitian Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI). Uji prasyarat analisis menggunakan shaporo-wilk dan levene test, sedangkan uji hipotesis Kruskall Wallis. Hasil dari penelitian ini menujukkan tingkat kebugaran peserta didik yang pembelajaran PJOK pagi dalam kategori sedang, tingkat kebugaran peserta didik yang pembelajaran PJOK siang dalam kategori sedang, tingkat kebugaran jasmani peserta didik yang pembelajaran PJOK pagi-siang (bergantian) dalam kategori baik. Dengan begitu, terdapat perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa sekolah dasar berdasarkan waktu pembelajaran PJOK di sekolah.
References
Afifah, N., & Andrijanto, D. (2022). Survey Kebugaran Jasmani Siswa Kelas 7 Smpn 1 Soko. 10, 7–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archivehttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani.
Ambarwati, T. R., & Setiowati, A. (2023). Pengaruh Perbedaan Waktu Latihan Siang Dan Malam Terhadap Status Hidrasi Siswa Pencak Silat. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 3(1), 141–145. https://doi.org/10.32665/citius.v3i1.1814
Behm, D. G., & Carter, T. B. (2020). Effect of Exercise-Related Factors on the Perception of Time. Frontiers in Physiology, 11(July), 1–11. https://doi.org/10.3389/fphys.2020.00770
Camila, Rafaela, da, Silva., Marcos, Vinicius, Francisco., Thaís, Godoi, de, S. (2021). Infraestrutura, materiais e práxis pedagógica em Educação Física: memórias autobiográficas a partir do Programa Residência Pedagógica. 19(3), 1–7. https://doi.org/10.36453/CEFE.2021.N3.27566
Chekhovskaya, A. (2023). The impact of aerobics on the physical condition of students. Naukovij ?asopis Nacìonal?nogo Pedagogì?nogo Unìversitetu Ìmenì M.P. Dragomanova, 12–15. https://doi.org/10.31392/npu-nc.series15.2023.03(161).02
Dahlan, A. (2019). Hakikat Pendidikan Jasmani. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257.
Ekayanti, D. (2019). Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa Dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan dan SDIT Salsabila 3 Banguntapan (Vol. 8, Issue 5).
Hidayat, S. (2019). KESEGARAN JASMANI SISWA 10-12 TAHUN SE-KOTA. 1(1), 12–21.
Jusri. (2017). Pengaruh Jadwal Pelajaran PJOK dan Kompetensi Guru terhadap Kecerdasan Emosional dan Minat Peserta SMA se-Kota BauBau. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Kemendikbud. (2023). Tes Kebugaran Siswa Indonesia.
Lucas, Arrais, Campos., Adrielly, Costa, Dos, Santos., Mafalda, Sampaio., João, Maroco., Juliana, Alvares, Duarte, Bonini, C. (2022). Exercise motives among university students – A Brazil-Portugal transnational study. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1009762
M. F. Abdullah, M. K. M. Y., Nazarudin, M. N., M., M. R. Abdullah, A. B. H., & Maliki. (2018). Motivation And Involvement Toward Physical Activity Among Motivation And Involvement Toward Physical Activity Among University Students. Journal of Fundamental and Applied Sciences, 4(1), 9–10.
Melati, S., & Riau, U. I. (2021). Perbandingan kesegaran jasmani antara siswa yang tinggal di kota dan desa. 2016, 1–10.
Muhajir. (2017). Pendidikan Jasmani,Olahragadan Kesehatan. In Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education. Kelembagaan Bank Ilmu, 3, 1–6.
Muttaqien, Z. (2020). Olahraga Meningkatkan Kebugaran dan Kekebalan Tubuh di masa New Normal Life. Universitas Gadjah Mada, Fakultas Kedokteran.
Novianti, W. (2020). Urgensi Berpikir Kritis Pada Remaja Di Era 4.0. Journal of Education and Counseling (JECO), 1(1), 38–52. https://doi.org/10.32627/jeco.v1i1.519
Nur Mutmainnatul Itsna, & Risatur Rofi’ah. (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Ummul Qura Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 16(1), 60–70. https://doi.org/10.55352/uq.v16i1.380
Oktoberi, Y., Arsil, Edwarsyah, & Sari, D. N. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri 4 Batang Anai. Jurnal JPDO, 6(8), 73–79. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1488%0Ahttp://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/download/1488/657
Pramono, H., Nurafiati, S., Rahayu, T., & Sugiharto. (2023). The schools and physical education teachers’ efforts in building the elementary students’ character. Cakrawala Pendidikan, 42(1), 189–197. https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.53359
Putra, E. permana, & Wahjuni, E. S. (2019). Hubungan Kebugaran Jasmani terhadap Tingkat Konsentrasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 457–461. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Retnaningdyastuti, Mt., & Khasanah, I. (2017). Pembentukan Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional.
Rizal STIT Palapa Nusantara, S. (2021). Perkembangan Fisik Anak Usia Dasar. PANDAWA : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(3), 366–383. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Sadeghpour, Akram, Ehsani, Mohammad, Saffari, M. (2019). Qualitative investigation of personal factors affecting the students’ physical activity (needs and motivations): Based on self-determination theory. Journal of Human Sport and Exercise, 14(4), 516–534.
Sugiman. (2016). Karakteristik Siswa SMP dan Bilangan. http://repository.kemendikbud.go.id
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D (CV (Ed.)). Alfabeta.
TKSI KEMDIKBUD. (2024). Kementrian Pendidikan, Kebuadayaan, Riset Dan Teknologi. https://tksi.kemdikbud.go.id/tksi
William, J.A., Mode., Tommy, Slater., M., Pinkney., Ryan, James., Ian, Varley., J., H., Hough., Lewis, J., James., David, J., C. (2022). The effect of morning and evening exercise on appetite, energy intake, performance and metabolism, in lean males and females. Proceedings of the Nutrition Society, 81(OCE5). https://doi.org/10.1017/s0029665122002208
Yusri, A. Z. dan D. (2020). Efektifitas Minuman Air Beroksigen terhadap Perubahan Kadar Hemoglobin melalui Aktifitas Fisik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.51135/justevol3issue1page90-98
Zhen, Qi., Wu, Yao., Jianguo, Lu., Caizhen, Chen., Qingwei, Lu., Runtan, Cheng., Tong, Zhao., Jingyan, Tian., Moritz, Schumann., Sulin, Cheng., Shenglong, L. (2022). Effect Of Morning Vs Afternoon Exercise On Continuous Glucose Concentrations In Type 2 Diabetes Patients. Medicine and Science in Sports and Exercise, 59(9S), 70–71. https://doi.org/10.1249/01.mss.0000875904.45137.27.